%A Fitri Kurnia Sukandar Jaya %T KEMAMPUAN MENULIS ARGUMENTASI PADA SISWA KELAS X SMK TAMAN SISWA TELUK BETUNG TAHUN PELAJARAN 2012/2013 %X Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah kemampuan siswa dalam menulis karangan argumentasi pada siswa kelas X Taman Siswa Teluk Betung Tahun Pelajaran 2012/2013. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tingkat kemapuan menulis karangan argumentasi pada siswa kelas X SMK Taman Siswa Teluk Betung Tahun Pelajaran 2012/2013. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Taman Siswa Teluk Betung Tahun Pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 160 siswa dalam empat kelas dan terdiri 40 siswa setiap kelasnya. Sampel dalam penelitian ini diambil menggunakan teknik random sampling (pengambilah sampel secara acak), Sampel penelitian ini berjumlah 40 siswa. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes tertulis dalam bentuk pemberian tugas karangan argumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata kemampuan siswa dalam menulis karangan argumentasi adalah dalam kategori baik, karena memperoleh rata-rata 72.37. Dengan rata-rata per aspek (1) aspek isi karangan 75.5 dengan kategori ?baik?, (2) aspek kalimat 72.5 dengan kategori ?baik?, (3)aspek kata 72.5 dengan kategori ?baik?, (4) aspek ejaan 71.5 dengan kategori ?baik?. Nilai rata-rata menunjukkan bahwa nilai tertinggi yang dicapai siswa dalam menulis karangan argumentasi adalah pada aspek isi karangan, sedangkan nilai terendah terletak pada aspek penggunaan kalimat. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa tingkat kemampuan siswa dalam menulis karangan argumentasi dikategorikan ?baik?. Kata kunci: kemampuan menulis, metode deskriptif, karangan argumentasi %C Universitas Lampung %D 2013 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %L eprints1450