TY - UNPB ID - eprints14503 UR - http://digilib.unila.ac.id/14503/ A1 - 0643031002, AGUS MULYANTO Y1 - 2011/11/16/ N2 - Disiplin belajar dan motivasi belajar perlu ditanamkan pada setiap siswa agar siap menghadapi segala kemungkinan dalam proses belajar dan mengajar, terutama agar siswa tidak mudah putus asa dan selalu siap menghadapi proses belajar mengajar dalam kondisi apapun. Disiplin dalam belajar akan mempengaruhi hasil belajar siswa dan juga motivasi belajar siswa yang tertanam dalam diri siswa akan meningkatkan hasil belajar. Pada penelitian ini faktor-faktor yang diduga mempengaruhi hasil belajar ekonomi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kalirejo diantaranya disiplin belajar dan motivasi belajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif verifikatif dengan pendekatan Ex Post Facto. Populasi penelitian ini berjumlah 109 siswa dengan jumlah sampel berdasarkan pada rumus T. Yamane sebanyak 85 siswa. Teknik sampling dalam penelitian ini adalah simpel random sampling. Data diperoleh melalui observasi, dokumentasi, wawancara, dan penyebaran kuesioner kepada sampel. Pengujian hipotesis satu dan dua menggunakan Korelasi Product Moment sedangkan untuk uji hipotesis ketiga menggunakan statistik F. PB - Universitas Lampung M1 - other TI - PENGARUH DISIPLIN BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SEMESTER GENAP SMA NEGERI 1 KALIREJO TAHUN PELAJARAN 2009/2010 AV - restricted ER -