%A DWI YAHYA 0713031021 %T PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR DI SEKOLAH, KEDISIPLINAN BELAJAR, DAN PERSEPSI SISWA TENTANG PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VIII SMP 01 MUHAMMADIYAH PADANG RATU SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2010/2011 %X Hasil belajar adalah hasil dari suatu interaksi tindakan belajar dan mengajar yang dapat dilihat dalam bentuk nilai tes atau ujian. Tinggi rendahnya hasil belajar siswa dipengaruhi oleh faktor internal yang meliputi intelegensi, motivasi, minat, disiplin, kesehatan, cara belajar dan faktor eksternal yang meliputi lingkungan keluarga, lingkungan sosial, dan pendekatan belajar. Pada kenyataannya, sebagian besar siswa kelas VIII SMP 01 Muhammadiyah Padang Ratu belum berhasil mencapai hasil belajar yang optimal. Oleh karena itu, dalam penelitian ini akan mengkaji beberapa faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa yaitu lingkungan belajar di sekolah, kedisiplinan belajar, dan persepsi siswa tentang perhatian orang tua. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui apakah ada pengaruh lingkungan belajar di sekolah terhadap hasil belajar IPS terpadu, (2) untuk mengetahui apakah ada pengaruh kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar IPS terpadu, (3) untuk mengetahui apakah ada pengaruh persepsi siswa tentang perhatian orang tua terhadap hasil belajar IPS terpadu, dan (4) untuk mengetahui apakah ada pengaruh lingkungan belajar di sekolah, kedisiplinan belajar, dan perspsi siswa tentang perhatian orang tua terhadap hasil belajar IPS terpadu. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah 77 siswa dan sampelnya sebanyak 64 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dokumentasi, dan angket. Pengujian hipotesis dianalisis dengan regresi linear sederhana dan regresi linear multipel. %D 2011 %I Universitas Lampung %L eprints14515