%0 Generic %A Wagiman, LAILA RAHMAWATI %C Universitas Lampung %D 2013 %F eprints:1452 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %T PEMBELAJARAN MENULIS PETUNJUK MELAKUKAN SESUATU DI KELAS VIII SMP NEGERI 02 KOTAGAJAH LAMPUNG TENGAH TAHUN PELAJARAN 2011/2012 %U http://digilib.unila.ac.id/1452/ %X Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah pembelajaran menulis petunjuk melakukan sesuatu di kelas VIII SMP Negeri 02 Kotagajah. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pembelajaran menulis petunjuk melakukan sesuatu di kelas VIII SMP Negeri 02 Kotagajah tahun pelajaran 2011/2012. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dekriptif kualitatif. Sumber data pada penelitian ini adalah kegiatan pembelajaran menulis petunjuk di kelas VIII SMP Negeri 02 Kotagajah. Peneliti mendeskripsikan hasil penelitian dan analisis terhadap perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan penilaian pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menulis petunjuk melakukan sesuatu di kelas VIII C SMP Negeri 02 Kotagajah terdiri atas perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan penilaian pembelajaran. Pada RPP menulis petunjuk melakukan sesuatu, guru merumuskan setiap komponen-komponen sesuai Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Komponen-komponen dalam RPP tersebut dijabarkan sesuai dengan tujuan pembelajaran yang akan dicapai. Proses pelaksanaan pembelajaran terdiri atas kegiatan prapembelajaran, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Pada kegiatan prapembelajaran, guru melakukan keterampilan membuka pelajaran. Guru mempersiapkan siswa untuk belajar, mengucapkan salam, dan melakukan kegiatan apersepsi. Kegiatan apersepsi yang dilakukan guru dengan menyampaikan kompetensi dasar yang akan disampaikan dan melakukan tanya jawab mengenai materi yang akan disampaikan. Pada kegiatan inti pembelajaran, guru menggunakan keterampilan menjelaskan, keterampilan bertanya, dan keterampilan menguasai kelas. Guru menggunakan media pembelajaran berupa vas bunga dan sumber belajar buku teks Bahasa Indonesia penerbit Erlangga. Guru menggunakan berbagai metode pembelajaran, diantaranya metode ceramah, metode tanya jawab, dan metode penugasan. Pada kegiatan penutup, guru melakukan keterampilan menutup pelajaran. Guru melakukan refleksi, memberikan tugas kepada siswa dan mengucapkan salam. Penilaian pembelajaran pada pembelajaran yang dilakukan oleh guru menggunakan teknik tes tertulis dalam bentuk uraian. Soal yang diberikan mengenai menulis petunjuk memahami isi bacaan.