%A Irvina Vartessia Linda 0713031032 %T PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN LINGKUNGAN SOSIAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS IX SMP SATYA DHARMA SUDJANA PT.GMP LAMPUNG TENGAH TAHUN PELAJARAN 2010/2011. %X Hasil belajar adalah kemampuan yang diperoleh anak setelah melalui kegiatan belajar. Dalam rangka mencapai prestasi belajar khususnya hasil belajar yang optimal, siswa harus menggali potensi fisik dari dalam diri maupun dari luar diri siswa. Hasil belajar juga dipengaruhi oleh potensi dalam diri siswa berupa semangat belajar siswa. Semangat belajar yang tinggi akan mendorong setiap aktivitas belajarnya. Semangat belajar dapat timbul pula karena di dukung oleh kondisi lingkungan keluarga dan lingkungan sosial siswa. Tujuan penelitian yaitu: (1) Untuk mengetahui pengaruh positif lingkungan keluarga terhadap hasil belajar IPS. (2) Untuk mengetahui pengaruh positif lingkungan sosial terhadap hasil belajar IPS. (3) Untuk mengetahui pengaruh positif lingkungan keluarga dan lingkungan sosial terhadap hasil belajar IPS kelas IX SMP Satya Dharma Sudjana Tahun Ajaran 2010/2011. Populasi penelitian yaitu siswa kelas IX SMP Satya Dharma Sudjana PT.GMP sebanyak tiga kelas dengan jumlah siswa keseluruhan 99 orang. Teknik pengambilan sampel yaitu proportional random sampling dengan menggunakan rumus Slovin didapat sampel sebanyak 79 orang. Metode yang digunakan yaitu penelitian verifikatif dengan pendekatan ex post facto dan survei. %D 2011 %I Universitas Lampung %L eprints14520