TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints14563 UR - http://digilib.unila.ac.id/14563/ A1 - CANDRA BUANA, 0813051058 Y1 - 2015/08/21/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan proses pembelajaran gerak dasar roll depan pada siswa kelas V SD IT Baitul Jannah Bandar Lampung tahun pelajaran 2014/2015, dengan penggunaan alat bantu simpai dan bola. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) kolaborasi participations, dengan menggunakan dua siklus. Dengan subjek penelitian adalah siswa kelas V yang berjumlah 36 siswa, dengan jumlah 20 laki-laki dan 16 perempuan. Sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan menggunakan instrumen penilaian tes gerak dasar roll depan. Hasil penelitian menunjukkan: pada temuan awal hanya mencapai ketuntasan 33,33%hal ini berarti masih rendah nya kemampuan gerak dasar siswa dalam melakukan gerak dasar roll depan. Pada siklus pertama dengan penggunaan alat bantu simpai diperoleh prosentase keberhasilan ketuntasan belajar meningkat menjadi 63,89%, sedangkan prosentase ketuntasan belajar klasikal 85% itu berarti tindakan belum memenuhi ketuntasan belajar. Pada siklus kedua dengan menggunakan alat bantu bola diperoleh prosentase keberhasilan ketuntasan belajar mengalami peningkatan menjadi 94,44%, hal ini berarti proses pembelajaran telah mencapai ketuntasan klasikal. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa pembelajaran senam lantai khususnya pada materi gerak roll depan,dengan menggunakan alat bantu dapat memperbaiki dan meningkatkan gerak dasar roll depan pada siswa-siswi kelas V SD IT Baitul Jannah Bandar Lampung tahun pelajaran 2014/2015. Kata Kunci: Upaya, Optimal, Roll Depan, Simpai, dan Bola. PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - UPAYA MENGOPTIMALKAN KETERAMPILAN ROLL DEPAN MENGGUNAKAN ALAT BANTU SIMPAI DAN BOLA PADA KELAS V SD IT BAITUL JANNAH KECAMATAN KEMILING BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2014/2015 AV - restricted ER -