title: KEMAMPUAN MEMERANKAN TOKOH DALAM DRAMA SYMPHONI ANAK JALANAN PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 RUMBIA TAHUN PELAJARAN 2011/2012 creator: M. Dwi Purnomo, Nurjayanti subject: LB Theory and practice of education subject: LB1603 Secondary Education. High schools description: Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kemampuan siswa memerankan tokoh dalam drama yang berjudul “Symphoni Anak Jalanan” karya IGN. Arya Sanjaya pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Rumbia Tahun Pelajaran 2011/2012”. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa dalam memerankan tokoh dalam drama yang berjudul “Symphoni Anak Jalanan” karya IGN. Arya Sanjaya pada siswa kelas IX SMA N 1 Rumbia Tahun Pelajaran 2011/2012. Indikator yang digunakan dalam penelitian ini adalah ucapan, intonasi, pengaturan jeda, intensitas dan kelancaran berbicara, kemunculan pertama, pemanfaatan ruang yang ada untuk memosisikan tubuh atau blocking, ekspresi dialog untuk menggambarkan karakter tokoh, ekspresi wajah mendukung ekspresi dialog, pandangan mata dan gerak anggota tubuh untuk mendukung ekspresi dialog, dan gerakan. Nurjayanti Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Rumbia Tahun Pelajaran 2011/2012 dalam memerankan tokoh naskah drama yang berjumlah 24 siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa siswa kelas XI SMA Negeri 1 Rumbia Tahun Pelajaran 2011/2012 dalam memerankan tokoh dalam drama tergolong cukup dengan nilai rata-rata 72,45%. Hal ini karena kurang intensnya jadwal latihan kelompok. Hasil penelitian ini ditinjau dari masing-masing indikator, yaitu ucapan tergolong baik dengan nilai rata-rata 78,75%. Intonasi tergolong baik dengan nilai rata-rata 75,83. Pengaturan jeda tergolong baik dengan nilai rata-rata 75,83%. Intensitas dan kelancaran berbicara tergolong cukup dengan nilai rata-rata 72,91. Kemunculan pertama tergolong baik dengan nilai rata-rata 82,5%. Blocking tergolong baik dengan nilai rata-rata 75%. Ekspresi dialog tergolong cukup dengan nilai rata-rata 70,41%. Ekspresi wajah tergolong cukup dengan nilai rata-rata 68,33%. Pandangan mata dan gerak anggota tubuh untuk mendukung ekspresi dialog tergolong cukup dengan nilai rata-rata 70% dan Gerakan tergolong cukup dengan nilai rata-rata 67,91%. publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan date: 2013-07-05 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1458/1/COVER%20DALAM.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1458/2/ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1458/3/HALAMAN%20PERSETUJUAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1458/4/HALAMAN%20PENGESAHAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1458/5/PERNYATAAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1458/6/DAFTAR%20ISI.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1458/7/BAB%20I.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1458/8/BAB%20II.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1458/9/BAB%20III.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1458/10/BAB%20IV.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1458/11/BAB%20V.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1458/12/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1458/13/LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf identifier: M. Dwi Purnomo, Nurjayanti (2013) KEMAMPUAN MEMERANKAN TOKOH DALAM DRAMA SYMPHONI ANAK JALANAN PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 RUMBIA TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung. relation: http://digilib.unila.ac.id/1458/