%A DEWI VENI ASTUTI 0813053006 %J Digital Library %T PENINGKATAN AKTIVITAS DAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN EKSPOSISI MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SDN 02 METRO SELATAN %X ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan keterampilan menulis karangan eksposisi siswa kelas IV SDN 02 Metro Selatan. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas dan keterampilan siswa kelas IV SDN 02 Metro Selatan dalam menulis karangan eksposisi dengan menerapkan pendekatan kontekstual. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan siklus berdaur ulang yang terdiri dari empat tahap yaitu (a) perencanaan, (b) pelaksanaan, (c) observasi, dan (d) refleksi. Data dikumpulkan melalui lembar observasi, studi dokumentasi, dan tes pada setiap siklus. Data yang sudah terkumpul dianalisis dengan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa melalui pendekatan kontekstual dalam pembelajaran menulis karangan eksposisi dapat meningkatkan aktivitas dan keterampilan siswa dalam menulis karangan eksposisi. Hal ini dapat dilihat dari hasil persentase rata-rata aktivitas siswa pada siklus I (65,10%), siklus II (75,53%), dan siklus III (93,75%). Dengan peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar (10,43%) dan siklus II ke siklus III sebesar (18,22%). Demikian pula dengan hasil keterampilan siswa dalam menulis karangan eksposisi pada siklus I (64,56), siklus II (71,56), dan siklus III (80,13). Dengan peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar (7), dan siklus I ke siklus III sebesar (8,57). Berdasarkan hasil temuan, disarankan pada guru mata pelajaran bahasa Indonesia hendaknya dapat menerapkan pendekatan kontekstual dalam pembelajaran menulis karangan eksposisi agar aktivitas dan keterampilan siswa dapat meningkat. Kata kunci: aktivitas, keterampilan menulis karangan eksposisi, pendekatan kontekstual %D 2012 %L eprints14606