@article{eprints14627, title = {PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA SISWA KELAS V SDN 2 SABAH BALAU TANJUNG BINTANG LAMPUNG SELATAN }, author = {Komariyah 0813056110}, journal = {Digital Library}, url = {http://digilib.unila.ac.id/14627/}, abstract = {ABSTRAK Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan berdasarkan dari hasil pengamatan prestasi belajar IPS siswa kelas V SDN 2 Sabah Balau pada semester ganjil tahun pelajaran 2010/2011 yang masih rendah. Dari 22 orang siswa, yang telah mencapai KKM (60) baru 8 orang siswa (36\%). Oleh karena itu peneliti ingin meningkatkan prestasi belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPS tersebut dengan menggunakan model pembalajaran kooperatif tipe STAD. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) diawali dengan tahap perencanaan, kemudian tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi, serta refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Alat yang dipergunakan adalah lembar panduan observasi dan soal? soal tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas V SDN 2 Sabah Balau Tanjung Bintang Lampung Selatan Tahun Pelajaran 2010/ 2011. Hal ini dapat dilihat adanya peningkatan rerata prestasi belajar siswa, pada siklus I yang belum mencapai KKM 9 orang siswa (40\%) dan pada siklus II yang belum mencapai KKM hanya tinggal 1 orang siswa (4,5\%). Kata kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, prestasi belajar. } }