@unpublished{eprints14655, month = {September}, title = {KEEFEKTIFAN MODEL PETA PIKIRAN TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS DESKRIPSI SISWA KELAS IX SMP NEGERI 1 NATAR LAMPUNG SELATAN TAHUN PELAJARAN 2010/2011}, school = {Universitas Lampung}, author = {Indah Margaretha 0543041021}, year = {2011}, url = {http://digilib.unila.ac.id/14655/}, abstract = {Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah efektifkah penerapan model peta pikiran (mind map) terhadap kemampuan menulis deskripsi siswa kelas IX SMP Negeri 1 Natar Lampung Selatan tahun pelajaran 2010/2011. Berdasarkan masalah tersebut, penelitian i ni bertujuan untuk menguji keefektifan model peta pikiran terhadap kemampuan menulis deskripsi pada siswa kelas IX SMP Negeri 1 Natar Lampung Selatan tahun pelajaran 2010/2011. Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode eksperimen. Populasi penelitian ini kelas IX SMP Negeri 1 Natar Lampung Selatan tahun pelajaran 2010/2011 yang berjumlah 12 kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara acak dari populasi tersebut. Sampel penelitian ini ada dua kelas, yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Kelas IX K sebagai kelas kontrol diberi pembelajaran menulis deskripsi dengan menggunakan sumber belajar lingkungan dan kelas IX L sebagai kelas eksperimen diberi pembelajaran menulis deskripsi dengan menggunakan peta pikiran. Data kemampuan menulis karangan deskripsi diambil melalui tes menulis. Tes ini berupa tugas menulis deskripsi yang disediakan dengan waktu {$\pm$} 80 menit. Peningkatan kemampuan menulis deskripsi di kelas eksperimen dilihat dari rata-rata skor tes awal yaitu sebesar 67,34 dan tes akhir yaitu sebesar 78,36, maka diperoleh selisih datanya sebesar 11,02 dari kedua tes tersebut. Selanjutnya, pada peningkatan kemampuan menulis deskripsi di kelas kontrol dilihat dari rata-rata skor tes awal yaitu sebesar 65,96 dan tes akhir yaitu sebesar 72,18, maka diperoleh selisih datanya sebesar 6,22 dari kedua tes tersebut. Kemampuan menulis deskripsi pada tes awal di kelas eksperimen dan kelas kontrol memeroleh selisih skor yaitu sebesar 1,38 dari rata-rata skor antara kelas eksperimen yaitu sebesar 67,34 dan kelas kontrol yaitu sebesar 65,96. Selanjutnya kemampuan menulis deskripsi pada tes akhir di kelas eksperimen dan kelas kontrol memeroleh selisih skor yaitu sebesar 6,18 dari rata-rata skor antara kelas eksperimen yaitu sebesar 78,36 dan kelas kontrol yaitu sebesar 72,18. Pada pengujian hipotesis dari perbandingan rata-rata kelas eksperimen dan dengan rata-rata kelas kontrol diperoleh thitung sebesar 2,68 dan ttabel (df 56) sebesar 1,673. Nilai thitung (2,68) {\ensuremath{>}} t tabel {$\rightarrow$} (1,673) Ho ditolak, artinya model pembelajaran peta pikiran lebih efektif dibanding dengan model pembelajaran menggunakan sumber belajar lingkungan dalam pembelajaran menulis deskripsi siswa kelas IX SMP Negeri 1 Natar Lampung Selatan. Dengan kata lain, bahwa hipotesis kerja terbukti atau diterima. Terdapat perbedaan kemampuan menulis deskripsi antara siswa yang diberikan pembelajaran menggunakan model peta pikiran dengan siswa yang diberikan pembelajaran dengan model sumber belajar lingkungan.} }