%A 1116041044 KARTIKA WULANDARI %T ANALISIS RETRIBUSI PARKIR TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH KOTA METRO PERIODE JANUARI 2012 HINGGA APRIL 2015 %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh retribusi parkir terhadap pendapatan asli daerah Kota Metro. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif terhadap dua variabel, yaitu variabel independen (bebas) adalah retribusi parkir dan variabel dependen (terikat) adalah pendapatan asli daerah Kota Metro. Dalam penelitian ini, sampel yang diambil adalah data tentang retribusi parkir dan pendapatan asli daerah Kota Metro dalam kurun waktu dua tahun empat bulan yaitu dimulai dari tahun anggaran januari 2012 hingga april 2015 yang berjumlah 40 data. Pengumpulan data sekunder diperoleh dengan cara dokumentasi yang ada pada kantor Dinas Pendapatan dan Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Kota Metro. Model analisis statistik yang digunakan adalah menggunakan bentuk model regresi sederhana yang digunakan untuk mengetahui pengaruh secara parsial antara variabel bebas dan variabel terikat dengan menggunakan uji hipotesis yakni uji signifikansi atau uji t dan koefisien determinasi. Berdasarkan dari hasil dari pengujian statistik dengan analisis regresi sederhana menunjukkan bahwa retribusi parkir tidak signifikan berpengaruh terhadap pendapatan asli daerah Kota Metro. Pengujian retribusi parkir menghasilkan nilai t hitung (0,524) < t tabel (2,024), maka dengan hasil diatas H0 diterima. Selain itu koefisien determinasi (R2) pada retribusi parkir hanya mampu mempengaruhi PAD Kota Metro sebesar 0,7% dan sisanya sebesar 99,3%, hal tersebut menunjukkan bahwa retribusi parkir hanya memberikan sumbangan yang kecil dalam peningkatan pendapatan asli daerah di Kota Metro. Ini disebabkan banyaknya variabel diluar penelitian yang tidak diteliti. Kata Kunci : retribusi parkir dan pendapatan asli daerah Abstrak Bahasa Inggris This research aims to understand the influence charges for parking on local revenue metro city. The research is quantitative research on two variabels, namely the independent variabel is parking retribution and dependent variabels is genuine revenue metro city. In this research, sample taken is data about parking retribution and local revenue metro city in the last two years of four months that is started from fiscal year january 2012 up to april 2015 which consisted of 40 data. Collecting secondary data obtained by means documentation is in the office income and transportation department, communication and information of metro city. Model the analysis is uses the statistic in the form of a simple regression used to know influence in partial between variabels free and variabel free and variabel bound by using the hypothesis namely the significant or test t and cofficient determination. The result of test statistic with simple regression analysis shows that charges for parking insignificant impact on the table revenue metro city. Testing charges for parking produce value t hitung (0,524) < t tabel (2,024), then with the result above H0accepted. In addition the coefficients determined (R2) on charges for parking only capable of effecting PAD as much as the Metro City of 0,7% and the rest as much as 99,3%, it is indicated that charges for parking only provide such a small in the increase in income native area in metro city. Is because many of variable outside research are not pursuing. Keywords : parking retribution and local revenue %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2015 %I FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK %L eprints14658