?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=CAMPUR+KODE+PADA+NOVEL+5+cm+KARYA+DONNY+DHIRGANTORO+DAN+IMPLIKASINYA+PADA+PEMBELAJARAN+BAHASA+DAN+SASTRA+DI+SMA&rft.creator=Tawar%2C+SUSI+WAHYUTI&rft.subject=LB+Theory+and+practice+of+education&rft.subject=LB1603+Secondary+Education.+High+schools&rft.description=Masalah+dalam+penelitian+ini+adalah+bentuk-bentuk+dan+faktor+penyebab+campur+kode+dalam+bahasa+lisan+novel+5+cm+karya+Donny+Dhirgantoro+dan+Implikasinya+pada+Pembelajaran+Bahasa+dan+Sastra+di+SMA.+Penelitian+ini+bertujuan+mendeskripsikan+bentuk-bentuk+dan+campur+kode%2C+penyebab+terjadinya+campur+kode+dalam+bahasa+lisan+novel+5+cm+karya+Donny+Dhirgantoro+serta+implikasinya+pada+pembelajaran+Bahasa+Indonesia+di+Sekolah+Menengah+Atas+(SMA).%0D%0AMetode+yang+digunakan+dalam+peneitian+ini+adalah+metode+deskriptif+kualitatif%2C+sedangkan+teknik+yang+digunakan+adalah+teknik+studi+dokumenter.+Sumber+data+dalam+penelitian+ini+adalah+bahasa+lisan+novel+5+cm+karya+Donny+Dhirgantoro.+Data+penelitian+ini+adalah+satuan+bahasa+yang+merupakan+atau+campur+kode+dalam+bahasa+lisan+novel+5+cm+karya+Donny+Dhirgantoro.+Objek+penelitian+ini+diterbitkan+cetakan+pertama+bulan+Mei+tahun+2005+dan+cetakan+kedua+puluh+satu+bulan+Februari+2012+dengan+jumlah+halaman+379.%0D%0AHasil+penelitian+menunjukkan+bahwa+campur+kode+yang+terjadi+dalam+bahasa+lisan+novel+5+cm+karya+Donny+Dhirgantoro+terdiri+atas+beberapa+bentuk+dan+penyebab.+Bentuk-bentuk+campur+kode+yang+ditemukan+yaitu+berbentuk+kata%2C+baster%2C+perulangan+kata%2C+prasa%2C+dan+klausa.+Faktor+penyebabnya+berupa+faktor+latar+belakang+sikap+penutur+dan+faktor+kebahasaan.+Campur+kode+yang+paling+banyak+terjadi+adalah+campur+kode+yang+berbentuk+kata+dari+bahasa+Inggris+dan+penyebab+yang+paling+mempengaruhi+terjadinya+campur+kode+adalah+faktor+kebahasaan.%0D%0ASusi+Wahyuti%0D%0AAdanya+campur+kode+tersebut+dapat+membantu+siswa+untuk+memahami+watak+dan+latar+belakang+tokoh.+Dengan+demikian+siswa+dapat+mengekspresikan+dialog+drama+dengan+penghayatan+yang+maksimal.+Sebagai+sumber+belajar+dalam+memerankan+drama%2C+siswa+dapat+menggunakan+dialog-dialog+yang+mengandung+alih+kode+dan+campur+kode+dalam+bahasa+lisan+novel+5+cm+karya+Donny+Dhirgantoro+agar+drama+yang+ditampilkan+lebih+menarik.+Selain+itu%2C+siswa+juga+dapat+memahami+bahwa+penggunaan+bahasa+Indonesia+dengan+baik+dan+benar+adalah+berbahasa+sesuai+dengan+konteks.&rft.publisher=Fakultas+Keguruan+dan+Ilmu+Pendidikan&rft.date=2014-06-06&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1466%2F1%2F3.%2520COVER%2520DALAM.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1466%2F2%2F2.%2520ABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1466%2F3%2F4.%2520HALAMAN%2520PERSETUJUAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1466%2F4%2F5.%2520HALAMAN%2520PENGESAHAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1466%2F5%2F6.%2520PERNYATAAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1466%2F6%2F11.%2520DAFTAR%2520ISI.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1466%2F7%2FBAB%2520I.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1466%2F8%2FBAB%2520II.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1466%2F9%2FBAB%2520III.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1466%2F10%2FBAB%2520IV.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1466%2F11%2FBAB%2520V.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1466%2F12%2FDAFTAR%2520PUSTAKA.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1466%2F13%2FLAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf&rft.identifier=++Tawar%2C+SUSI+WAHYUTI++(2014)+CAMPUR+KODE+PADA+NOVEL+5+cm+KARYA+DONNY+DHIRGANTORO+DAN+IMPLIKASINYA+PADA+PEMBELAJARAN+BAHASA+DAN+SASTRA+DI+SMA.++Fakultas+Keguruan+dan+Ilmu+Pendidikan%2C+Universitas+Lampung.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1466%2F