%0 Thesis %9 Other %A 0543041043, RINA MARDIANA PUSPASARI %B FKIP %D 2011 %F eprints:14664 %I Universitas Lampung %T HUBUNGAN ANTARPERAN DALAM NOVEL KETIKA CINTA BERTASBIH KARYA HABIBURRAHMAN EL SHIRAZY DAN KELAYAKANNYA SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR SASTRA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS %U http://digilib.unila.ac.id/14664/ %X Masalah dalam penelitian ini adalah hubungan antarperan dalam novel Ketika Cinta Bertasbih karya Habiburrahman El Shirazy. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hubungan antarperan dalam novel Ketika Cinta Bertasbih karya Habiburrahman El Shirazy dan kelayakannya sebagai alternatif bahan ajar sastra di Sekolah Menengah Atas (SMA). Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah novel Ketika Cinta Bertasbih karya Habiburrahman El Shirazy. Data diambil melalui analisis teks yang berupa satuan bahasa (kata, frase, klausa, kalimat, alinea dan wacana) yang mendeskripsikan tentang hubungan antarperan dalam novel Ketika Cinta Bertasbih. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan antarperan dalam novel Ketika Cinta Bertasbih, yaitu (1) hubungan anak dan ibu ditandai dengan hubungan cinta kasih dan hubungan tanggung jawab; (2) hubungan kakak dan adik ditandai dengan hubungan cinta kasih, hubungan tanggung jawab, hubungan kerja sama, hubungan tolong menolong, hubungan musyawarah; (3) hubugan persahabatan ditandai dengan hubungan cinta kasih, hubugan tanggung jawab, hubungan kerja sama, hubungan tolong-menolong; (4) hubungan sepasang kekasih ditandai hubungan cinta kasih, uungan musyawarah; (5) hubungan tuan rumah dan tamu dtandai dengan hubungan saling menghormati. Berdasarka tiga aspek penting dalam pemilihan bahan ajar sastra di Sekolah Menengah Atas, yaitu (1) aspek bahasa; (2) aspek psikologi; (3) aspek latar belakang budaya, novel Ketika Cinta Bertasbih karya Habiburrahman El Shirazy layak dijadikan sebagai alternatif bahan ajar sastra di SMA.