%A TUGINI Leo Saiyo Kerto Setomo (alm) %T PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI BEBAS MELALUI TEKNIK PEMODELAN PADA SISWA KELAS VIII-1 SMP NEGERI 1 LABUHAN RATU LAMPUNG TIMUR TAHUN PELAJARAN 2011/2012 %X Masalah dalam penelitian ini ialah peningkatan kemampuan menulis puisi bebas dengan menggunakan pilihan kata yang sesuai pada siswa kelas VIII-1 semester genap SMP Negeri 1 Labuhan Ratu Kabupaten Lampung Timur Tahun Pelajaran 2011/2012. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan tingkat kemampuan siswa dalam menulis puisi bebas melalui teknik pemodelan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengobservasian, dan refleksi. Pada siklus I setiap siswa menulis puisi bebas (dengan tema alam) dan Pada siklus II dalam proses pembelajaran dan latihan menulis puisi bebas dengan tema yang disukai oleh siswa. Aspek yang dinilai pada setiap siklus adalah aktivitas siswa dan guru. Hasil evaluasi pada siklus I menunjukkan bahwa aktivitas dan prestasi belajar siswa belum optimal. Pada siklus II dalam proses pembelajaran guru memberikan bimbingan yang lebih intensif lagi kepada siswa, dengan cara membimbing siswa satu per satu. Hasil evaluasi siklus II menunjukkan prestasi belajar siswa meningkat karena sesuai dengan indikator kerja yang menyatakan pe- nelitian tindakan kelas berhasil, jika hasil belajar siswa mencapai kriteria ketuntasan klasikal sebesar 75%. Hasil penelitian kemampuan menulis puisi bebas dengan menggunakn pilihan kata yang sesuai pada setiap siklus terdapat peningkatan. Prasiklus nilai rata-rata siswa 57,81 siswa yang sudah mencapai KKM 11 orang dengan persentase 34,38%, siswa yang belum mencapai KKM 21 orang dengan persentase 65,62%. Siklus I nilai rata-rata siswa 67.09 siswa yang mencapai KKM 15 orang dengan persentase 46,87%, dan yang belum mencapai KKM 17 orang dengan persentase 53,13%. Pada siklus II nilai rata-rata siswa 77,93 siswa yang mencapai KKM 28 orang dengan persentase 87,5%, siswa yang belum mencapai KKM 4 orang dengan persentase 12,5%. Hasil yang diperoleh mengalami peningkatan dari prasiklus ke siklus I meningkat 12,5%, dari siklus I ke siklus II meningkat 40,63%, dan dari prasiklus ke siklus II sebesar 53,2%. Dengan demikian, melalui penelitian ini dapat disimpulkan bahwa teknik pemodelan dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis puisi bebas dengan menggunakan pilihan kata yang sesuai pada siswa kelas VIII-1 SMP Negeri 1 Labuhan Ratu Kabupaten Lampung Timur sehingga mencapai tujuan yang telah ditetapkan, yakni tercapai KKM 65,00. %C Universitas Lampung %D 2014 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %L eprints1467