?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=PENGGUNAAN+IDIOM+PADA+NOVEL+RANAH+3+WARNA%0D%0AKARYA+A.+FUADI+DAN+IMPLIKASINYA+PADA+PEMBELAJARAN+BAHASA+INDONESIA+DI+SMA&rft.creator=Warsidi%2C+WITONO&rft.subject=LB+Theory+and+practice+of+education&rft.subject=LB1603+Secondary+Education.+High+schools&rft.description=Masalah+yang+dibahas+dalam+penelitian+ini+adalah+penggunaan+idiom+pada+novel+Ranah+3+Warna+karya+A.+Fuadi+dan+implikasinya+pada+pembelajaran+Bahasa+Indonesia+di+SMA.+Penelitian+ini+bertujuan+untuk+mendeskripsikan+penggunaan+idiom+yang+terdapat+pada+novel+Ranah+3+Warna+karya+A.+Fuadi+dan+implikasikannya+pada+pembelajaran+Bahasa+Indonesia+di+SMA.%0D%0AMetode+yang+digunakan+dalam+penelitian+ini+adalah+metode+deskriptif+kualitatif.+Sumber+data+dalam+penelitian+ini+ialah+Novel+Ranah+3+Warna+karya+A.+Fuadi+cetakan+ke-3+tahun+2011.+Novel+ini+terdiri+atas+473+halaman.+Teknik+analisis+data+yang+digunakan+dalam+penelitian+ini+adalah+teknik+analisis+teks.+Kajian+idiom+dalam+penelitian+ini+meliputi+bentuk%2C+jenis%2C+dan+sumber.%0D%0AKeseluruhan+penggunaan+idiom+dalam+novel+ini+berjumlah+158+idiom.+Dilihat+dari+bentuknya+terdiri+atas+idiom+penuh+dan+sebagian%2C+dari+segi+jenisnya+terdapat%0D%0Aungkapan%2C+peribahasa%2C+dan+pemeo%2C+berdasarkan+sumber+kosakatanya+terdapat+kosakata+benda+alam%2C+anggota+tubuh%2C+binatang%2C+bilangan%2C+tumbuhan%2C+dan+warna.+Berdasarkan+jenisnya+penggunaan+idiom+yang+jumlahnya+banyak+ialah+jenis+ungkapan%2C+penggunaan+idiom+yang+jumlahnya+sedikit+adalah+pemeo+dan+peribahasa%2C+berdasarkan+bentuknya+pengunaan+idiom+paling+banyak+adalah+idiom+bentuk+penuh+dan+berdasarkan+sumbernya+penggunaan+yang+jumlahnya+banyak+adalah+yang+bersumber+dari+nama-nama+anggota+tubuh.%0D%0APada+pembelajaran+Bahasa+Indonesia+di+sekolah%2C+penelitian+ini+berkaitan+dengan+bahan+ajar.+Dalam+keterampilan+menulis+dan+berbicara+penggunaan+idiom+sangat+berpengaruh+terhadap+kualitas+menulis+dan+berbicara+siswa.+Dengan+memahami+dan+menguasai+penggunaan+idiom+dalam+wacana+siswa+mampu+menghasilkan+tulisan+yang+lebih+indah%2C+dalam+keterampilan+berbicara+dengan+memahami+penggunaan+idiom%2C+kualitas+keterampilan+berbicara+siswa+menjadi+lebih+baik+dengan+kosakata+yang+lebih+menarik.+Itu+sebabnya%2C+pemahaman+mengenai+penggunaan+idiom+ini+sangat+penting+untuk+dapat+dikuasai+oleh+siswa.+Pentingnya+penelitian+ini+dari+segi+bahan+ajar%2C+novel+Ranah+3+Warna+karya+Ahmad+Fuadi+dapat+dijadikan+bahan+ajar+agar+siswa+lebih+memahami+penggunaan+idiom+dalam+wacana.&rft.publisher=Fakultas+Hukum&rft.date=2014-05-15&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1469%2F1%2FCOVER%2520DALAM.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1469%2F2%2FABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1469%2F3%2FHALAMAN%2520PERSETUJUAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1469%2F4%2FHALAMAN%2520PENGESAHAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1469%2F5%2FPERNYATAAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1469%2F6%2FDAFTAR%2520ISI.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1469%2F7%2FBAB%2520I.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1469%2F8%2FBAB%2520II.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1469%2F9%2FBAB%2520III.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1469%2F10%2FBAB%2520IV.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1469%2F11%2FBAB%2520V.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1469%2F12%2FDAFTAR%2520PUSTAKA.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1469%2F13%2FLAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf&rft.identifier=++Warsidi%2C+WITONO++(2014)+PENGGUNAAN+IDIOM+PADA+NOVEL+RANAH+3+WARNA+KARYA+A.+FUADI+DAN+IMPLIKASINYA+PADA+PEMBELAJARAN+BAHASA+INDONESIA+DI+SMA.++Fakultas+Hukum%2C+Universitas+Lampung.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1469%2F