TY - JOUR ID - eprints14709 UR - http://digilib.unila.ac.id/14709/ A1 - 1013069076, Marnawati Y1 - 2012/01/06/ N2 - ABSTRAK Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan aktivitas dan prestasi belajar Matematika, dengan menggunakan pendekatan pemecahan masalah pada soal cerita. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Data penelitian diperoleh melalui tes hasil belajar, lembar observasi. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatip. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa siklus I sebesar 55% memperoleh predikat kurang, siklus II sebesar 91,91% memperoleh predikat sangat baik, peningkatan prestasi belajar pada siklus I sebesar 66%, siklus II sebesar 99%. Kata Kunci : Aktivitas, prestasi belajar dan pendekatan pemecahan masalah. JF - Digital Library TI - PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN PEMECAHAN MASALAH PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 4 GEDUNG AIR TANJUNG KARANG BARAT BANDAR LAMPUNG AV - public ER -