%A RENIWATI 0743023047 %T EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN (POE) PADA MATERI REAKSI OKSIDASI-REDUKSI DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMPREDIKSI DAN MENGKLASIFIKASIKAN %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran POE pada materi pokok reaksi oksidasi reduksi dalam meningkatkan keterampil- an memprediksi dan mengklasifikasikan. Model pembelajaran POE terdiri dari 3 fase, yaitu fase Predict, Observe dan Explain. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan Non Equivalent Control Group Design. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X SMA Paramarta 1 Seputih Banyak tahun pelajaran 2011-2012 yang berjumlah 105 siswa dan tersebar dalam tiga ke- las yaitu X 1 dan kelas X 2. , X 2 , dan X 3. Kelas X 2 vensional dan kelas X 1 Sebagai Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X 1 sebagai kelas kontrol yang mengalami pembelajaran kon- sebagai kelas eksperimen yang mengalami model Pembe- lajaran POE. Efektivitas model pembelajaran POE pada penelitian ini ditunjukan dengan adanya perbedaan n-gain yang signifikan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol dilihat dari nilai pretes dan nilai postes. %D 2013 %I Universitas Lampung %L eprints14720