%0 Thesis %9 Other %A 0813023052, Usep Suhendar %B FKIP %D 2013 %F eprints:14727 %I Universitas Lampung %T EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA DAN HIDROLISIS DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN OBSERVASI DAN INTERPRETASI %U http://digilib.unila.ac.id/14727/ %X Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh model pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan keterampilan observasi dan interpretasi pada materi larutan penyangga dan hidrolisis. Keterampilan observasi dan interpretasi merupakan bagian dari keterampilan proses sains (KPS). Untuk mencapai tujuan itu dalam pembelajaran diterapkan model pembelajaran problem solving yang merupakan model pembelajaran dengan pendekatan konstruktivisme. Metode penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian Non Equivalence Control Group Desain. Sampel yang diambil dengan teknik purposive sampling dan difokuskan pada kelas XI IPA 1 dan kelas XI IPA3. Berdasarkan hasil perhitungan pengujian hipotesis maka diperoleh hasil penelitian bahwa; (1) pembelajaran dengan model problem solving efektif dalam meningkatkan keterampilan observasi dibandingkan dengan pembelajaran konvensional yang dibuktikan dengan t hitung > t tabel yaitu 1,722 > 1,684 , dan (2) pembelajaran dengan model problem solving efektif dalam meningkatkan keterampilan interpretasi dibandingkan dengan pembelajaran konvensional dibuktikan t hitung > t tabel yaitu 1,77 > 1,684