%0 Thesis %9 Other %A 0853023036, NI WAYAN EVIYANTI %B FKIP %D 2013 %F eprints:14729 %I Universitas Lampung %T EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN PADA MATERI LAJU REAKSI DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGIDENTIFIKASI KESIMPULAN %U http://digilib.unila.ac.id/14729/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran POE pada materi pokok laju reaksi dalam meningkatkan keterampilan mengidentifikasi kesimpulan. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 6 Bandar Lampung kelas XI IPA 1 Tahun Ajaran 2012-2013. Penelitian ini menggunakan metode Preexperimental dengan one-group pretest-posttest design. Efektivitas model pembelajaran POE diukur berdasarkan nilai n-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai n-gain keterampilan mengidentifikasi kesimpulan sebesar 0,65. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran POE pada materi laju reaksi efektif dalam meningkatkan keterampilan mengidentifikasi kesimpulan dengan kriteria sedang.