%A NI WAYAN EVIYANTI 0853023036 %T EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN PADA MATERI LAJU REAKSI DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGIDENTIFIKASI KESIMPULAN %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran POE pada materi pokok laju reaksi dalam meningkatkan keterampilan mengidentifikasi kesimpulan. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 6 Bandar Lampung kelas XI IPA 1 Tahun Ajaran 2012-2013. Penelitian ini menggunakan metode Preexperimental dengan one-group pretest-posttest design. Efektivitas model pembelajaran POE diukur berdasarkan nilai n-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai n-gain keterampilan mengidentifikasi kesimpulan sebesar 0,65. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran POE pada materi laju reaksi efektif dalam meningkatkan keterampilan mengidentifikasi kesimpulan dengan kriteria sedang. %D 2013 %I Universitas Lampung %L eprints14729