%A Chairunnisa 0913023031 %T PENGEMBANGAN MODUL KESETIMBANGAN KIMIA BERBASIS MULTIPEL REPRESENTASI %X Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul kesetimbangan kimia berbasis multipel representasi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development) dengan subjek penelitian guru mata pelajaran kimia dan siswa SMA di Bandar Lampung. Hasil uji coba terbatas menunjukkan bahwa isi modul sudah sesuai dengan kurikulum. Penyajian materi dalam modul sudah baik dilihat dari urutan materi yang disajikan, cara penyajian materi, representasi simbolik, sub mikroskopik dan makroskopik yang disajikan serta soal-soal yang telah sesuai dengan materi dan tujuan pembelajaran. Secara fisik, modul kesetimbangan kimia berbasis multipel representasi sudah baik dili- hat dari ukuran huruf, pemisahan antar paragraf, tata letak, penggunaan variasi huruf dan pemilihan warna. Hasil uji aspek keterbacaan diatas 75% (Kuat) atau dapat dikatakan baik. %D 2013 %I Universitas Lampung %L eprints14732