TY - UNPB ID - eprints14733 UR - http://digilib.unila.ac.id/14733/ A1 - 0913023105, SEPTIANA DEWI SUSANTI Y1 - 2013/11/05/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKS berbasis keterampilan proses sains pada materi faktor-faktor yang memepengaruhi kesetimbangan kimia. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development) dengan subjek penelitian yaitu LKS berbasis kete- rampilan proses sains. Penyusunan LKS dilakukan setelah melakukan studi pen- dahuluan yang terdiri dari studi kepustakaan dan studi lapangan. Setelah penyu- sunan maka dilakukan validasi pakar oleh satu dosen ahli terhadap aspek kese- suaian isi, konstruksi, dan keterbacaan. Setelah itu melakukan uji coba terbatas yang meliputi uji aspek kesesuaian isi dan keterbacaan oleh guru dan aspek keter- bacaan dan kemenarikan oleh siswa. Dari hasil uji coba terbatas dihasilkan peni- laian guru dan respon siswa terhadap LKS yang dikembangkan yaitu LKS ber- basis keterampilan proses sains pada materi faktor-faktor yang memepengaruhi kesetimbangan kimia. Hasil dari penilaian guru terhadap kesesuaian isi dan keter- bacaan yaitu sudah baik yaitu dengan persentase 84,28% dan 84%. Hasil respon siswa terhadap keterbacaan dan kemenarikan yaitu untuk keterbacaan respon siswa sangat tinggi yaitu dengan persentase 82,5% dan untuk kemenarikan respon siswa juga tinggi yaitu dengan persentase 85%. Kata Kunci : LKS, keterampilan proses sains, dan faktor-faktor yang mempenga- ruhi kesetimbangan kimia. PB - Universitas Lampung M1 - other TI - PENGEMBANGAN LKS BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMEPENGARUHI KESETIMBANGAN KIMIA AV - restricted ER -