%0 Generic %A a, DOLLY YUDHISTIRA %C MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM %D 2014 %F eprints:1474 %I UNIVERSITAS LAMPUNG %T IMPLEMENTASI ALGORITMA BACKTRACK UNTUK PENCARIAN SOLUSI KNIGHT’S TOUR PROBLEM PADA PAPAN CATUR m x n %U http://digilib.unila.ac.id/1474/ %X Permainan catur merupakan permainan yang dimainkan oleh dua orang dalam suatu papan bujur sangkar yang terdiri dari delapan kolom dan delapan baris, pada umumnya berbentuk kotak serta berwarna hitam dan putih secara bergantian. Sedangkan knight’s tour merupakan rangkaian perjalanan kuda pada papan catur kosong, sedemikian hingga semua kotak pada papan catur dapat dilewati oleh kuda dengan syarat harus melewati setiap kotak tepat satu kali dan langkah kuda tersebut harus membentuk huruf “L”. Permasalahan dalam menyelesaikan langkah perjalanan kuda tersebut disebut Knight’s Tour Problem. Solusi untuk permasalahan Knight’s Tour merupakan salah satu bentuk dari bentuk jalur Hamilton. Tiap langkah knight pada papan catur digambarkan sebagai simpul yang membentuk suatu lintasan. Bila lintasan tersebut dapat melewati semua titik dan dapat kembali ke titik semula disebut siklus Hamilton (Hamilton Cycle) sehingga menghasilkan solusi Closed Knight’s Tour. Sedangkan, jika lintasan tersebut dapat melewati semua titik tetapi tidak dapat kembali ke titik semula disebut lintasan Hamilton (Hamilton Path) sehingga menghasilkan solusi Open Knight’s Tour. Terdapat berbagai cara untuk memecahkan Knight’s Tour Problem, salah satunya adalah dengan menggunakan Algoritma Backtrack dan membandingkan hasil pengujiannya dengan Teorema Schwenk. Kata kunci : Knight’s Tour Problem, Open dan Closed Knight’s Tour, algoritma Backtrack, Teorema Schwenk