title: Peningkatan Kemampuan Mengarang Deskripsi Melalui Teknik Latihan Terbimbing pada Siswa Sekolah Dasar Negeri 2 Kampung Baru Bandarlampung creator: 1013066002, Aisyah subject: description: Permasalahan yang diungkap dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pem- belajaran dengan teknik menulis terbimbing dapat meningkatkan kemampuan menulis deskripsi siswa kelas V SD Negeri 2 Kampung Baru. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan menulis deskripsi melalui teknik latihan terbimbing khususnya siswa kelas V SD Negeri 2 Kampung Baru Kecamatan Kedaton Bandarlampung. Metode yang digunakan dalam penelitian tindakan melalui refleksi diri yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas tahapan-tahapan sebagai berikut: (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan teknik tes dan teknik nontes. Analisis data menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VA SD Negeri 2 Kampung Baru tahun pelajaran 2010/2011 berjumlah 23 orang, terdiri dari 12 laki-laki dan 11 perempuan. Aisyah Hasil Penelitian menunjukkan bahwa kemampuan awal siswa dalam mengarang deskripsi diperoleh rata-rata nilai sebesar 54,78 atau dalam kategori kurang. Setelah dilakukan tindakan pembelajaran dengan memanfaatkan teknik latihan terbimbing diperoleh rata-rata nilai kemampuan mengarang deskripsi pada siklus I sebesar 61,7 dengan kategori sedang, atau meningkat sebesar 7,7 atau 30,4%. Kemampuan mengarang deskripsi pada siklus II diperoleh nilai rata-rata sebesar 70,4 dengan kategori baik atau mengalami peningkatan sebesar 8,7 atau 37,8%. Dari hasil penelitian tindakan kelas ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan teknik latihan terbimbing dapat meningkatkan kemampuan mengarang deskripsi siswa. date: 2011-09-02 type: Tesis type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/14740/1/ABSTRAK.%20PTKdoc.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/14740/2/ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/14740/3/cover.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/14740/4/covert2.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/14740/5/MOTO.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/14740/6/pengesahan.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/14740/7/Penilaian%20PTK%20q.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/14740/8/PERSEMBAHAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/14740/9/RENCANA%20PELAKSANAAN%20PEMBELAJARAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/14740/10/RIWAYAT%20HIDUP.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/14740/11/SANWACANA.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/14740/12/BAB%20IV.pdf identifier: 1013066002, Aisyah (2011) Peningkatan Kemampuan Mengarang Deskripsi Melalui Teknik Latihan Terbimbing pada Siswa Sekolah Dasar Negeri 2 Kampung Baru Bandarlampung. Other thesis, Universitas Lampung. relation: http://digilib.unila.ac.id/14740/