%A Aisyah 1013066002 %T Peningkatan Kemampuan Mengarang Deskripsi Melalui Teknik Latihan Terbimbing pada Siswa Sekolah Dasar Negeri 2 Kampung Baru Bandarlampung %X Permasalahan yang diungkap dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pem- belajaran dengan teknik menulis terbimbing dapat meningkatkan kemampuan menulis deskripsi siswa kelas V SD Negeri 2 Kampung Baru. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan menulis deskripsi melalui teknik latihan terbimbing khususnya siswa kelas V SD Negeri 2 Kampung Baru Kecamatan Kedaton Bandarlampung. Metode yang digunakan dalam penelitian tindakan melalui refleksi diri yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas tahapan-tahapan sebagai berikut: (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan teknik tes dan teknik nontes. Analisis data menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VA SD Negeri 2 Kampung Baru tahun pelajaran 2010/2011 berjumlah 23 orang, terdiri dari 12 laki-laki dan 11 perempuan. Aisyah Hasil Penelitian menunjukkan bahwa kemampuan awal siswa dalam mengarang deskripsi diperoleh rata-rata nilai sebesar 54,78 atau dalam kategori kurang. Setelah dilakukan tindakan pembelajaran dengan memanfaatkan teknik latihan terbimbing diperoleh rata-rata nilai kemampuan mengarang deskripsi pada siklus I sebesar 61,7 dengan kategori sedang, atau meningkat sebesar 7,7 atau 30,4%. Kemampuan mengarang deskripsi pada siklus II diperoleh nilai rata-rata sebesar 70,4 dengan kategori baik atau mengalami peningkatan sebesar 8,7 atau 37,8%. Dari hasil penelitian tindakan kelas ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan teknik latihan terbimbing dapat meningkatkan kemampuan mengarang deskripsi siswa. %D 2011 %I Universitas Lampung %L eprints14740