@unpublished{eprints14741, month = {Nopember}, title = {PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGARANG NARASI MELALUI PENGGUNAAN TEKNIK KOLABORASI PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 3 RAJABASA JAYA BANDAR LAMPUNG}, school = {Universitas Lampung}, author = {Merni Ari Yani 1013066009}, year = {2011}, url = {http://digilib.unila.ac.id/14741/}, abstract = {Permasalahan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah bagaimana peningkatan kemampuan menulis karangan narasi dengan menggunakan teknik kolaborasi pada siswa kelas V SD Negeri 3 Rajabasa Jaya, Bandar Lampung. Adapun bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I, yaitu meningkatkan kemampuan mengarang narasi siswa kelas V dengan menggunakan teknik kolaborasi group investigation diperoleh rata-rata untuk aspek judul karangan mendapat 61,42\%, isi karangan mendapat 62,85\%, ejaan mendapat 55\%, kerapian tulisan mendapat 59,28\%. Hasil belajar pada siklus II rata-rata kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas V dengan menggunakan teknik kolaborasi number heads mengalami peningkatan dari tiap-tiap aspek, yaitu judul karangan meningkat menjadi 81,42\%, isi karangan menjadi 78,57\%, ejaan menjadi 70\%, kerapian tulisan menjadi 74,28\%. Dengan demikian kemampuan menulis karangan narasi meningkat setelah menggunakan teknik kolaborasi.} }