%0 Thesis %9 Other %A 1013066009, Merni Ari Yani %B FKIP %D 2011 %F eprints:14741 %I Universitas Lampung %T PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGARANG NARASI MELALUI PENGGUNAAN TEKNIK KOLABORASI PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 3 RAJABASA JAYA BANDAR LAMPUNG %U http://digilib.unila.ac.id/14741/ %X Permasalahan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah bagaimana peningkatan kemampuan menulis karangan narasi dengan menggunakan teknik kolaborasi pada siswa kelas V SD Negeri 3 Rajabasa Jaya, Bandar Lampung. Adapun bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I, yaitu meningkatkan kemampuan mengarang narasi siswa kelas V dengan menggunakan teknik kolaborasi group investigation diperoleh rata-rata untuk aspek judul karangan mendapat 61,42%, isi karangan mendapat 62,85%, ejaan mendapat 55%, kerapian tulisan mendapat 59,28%. Hasil belajar pada siklus II rata-rata kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas V dengan menggunakan teknik kolaborasi number heads mengalami peningkatan dari tiap-tiap aspek, yaitu judul karangan meningkat menjadi 81,42%, isi karangan menjadi 78,57%, ejaan menjadi 70%, kerapian tulisan menjadi 74,28%. Dengan demikian kemampuan menulis karangan narasi meningkat setelah menggunakan teknik kolaborasi.