TY - UNPB ID - eprints14741 UR - http://digilib.unila.ac.id/14741/ A1 - 1013066009, Merni Ari Yani Y1 - 2011/11/02/ N2 - Permasalahan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah bagaimana peningkatan kemampuan menulis karangan narasi dengan menggunakan teknik kolaborasi pada siswa kelas V SD Negeri 3 Rajabasa Jaya, Bandar Lampung. Adapun bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I, yaitu meningkatkan kemampuan mengarang narasi siswa kelas V dengan menggunakan teknik kolaborasi group investigation diperoleh rata-rata untuk aspek judul karangan mendapat 61,42%, isi karangan mendapat 62,85%, ejaan mendapat 55%, kerapian tulisan mendapat 59,28%. Hasil belajar pada siklus II rata-rata kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas V dengan menggunakan teknik kolaborasi number heads mengalami peningkatan dari tiap-tiap aspek, yaitu judul karangan meningkat menjadi 81,42%, isi karangan menjadi 78,57%, ejaan menjadi 70%, kerapian tulisan menjadi 74,28%. Dengan demikian kemampuan menulis karangan narasi meningkat setelah menggunakan teknik kolaborasi. PB - Universitas Lampung M1 - other TI - PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGARANG NARASI MELALUI PENGGUNAAN TEKNIK KOLABORASI PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 3 RAJABASA JAYA BANDAR LAMPUNG AV - restricted ER -