%A Merni Ari Yani 1013066009 %T PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGARANG NARASI MELALUI PENGGUNAAN TEKNIK KOLABORASI PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 3 RAJABASA JAYA BANDAR LAMPUNG %X Permasalahan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah bagaimana peningkatan kemampuan menulis karangan narasi dengan menggunakan teknik kolaborasi pada siswa kelas V SD Negeri 3 Rajabasa Jaya, Bandar Lampung. Adapun bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I, yaitu meningkatkan kemampuan mengarang narasi siswa kelas V dengan menggunakan teknik kolaborasi group investigation diperoleh rata-rata untuk aspek judul karangan mendapat 61,42%, isi karangan mendapat 62,85%, ejaan mendapat 55%, kerapian tulisan mendapat 59,28%. Hasil belajar pada siklus II rata-rata kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas V dengan menggunakan teknik kolaborasi number heads mengalami peningkatan dari tiap-tiap aspek, yaitu judul karangan meningkat menjadi 81,42%, isi karangan menjadi 78,57%, ejaan menjadi 70%, kerapian tulisan menjadi 74,28%. Dengan demikian kemampuan menulis karangan narasi meningkat setelah menggunakan teknik kolaborasi. %D 2011 %I Universitas Lampung %L eprints14741