creators_name: 0717032050, HADI WIJAYA type: article datestamp: 2015-11-23 05:58:56 lastmod: 2015-11-23 05:58:56 metadata_visibility: show title: PENGEMBANGAN APLIKASI GAME KNIGHT’S TOUR DENGAN MENGGUNAKAN TEORI GRAF ispublished: pub subjects: General full_text_status: restricted abstract: Abstrak Game merupakan multimedia interaktif yang digunakan sebagai sarana hiburan yang salah satu manfaatnya mampu meningkatkan kemampuan intelektual pemainnya, namun kebanyakan game sekarang ini hanya memberi sarana hiburan saja tanpa memberikan manfaat yang lebih baik bagi penggunanya, misalnya melatih kemampuan berfikir dalam menyelesaikan suatu permasalahan yang kompleks. Oleh karena itu, dikembangkan suatu aplikasi game yang dapat memberikan manfaat yang lebih baik bagi penggunanya. Game yang akan dikembangkan adalah game Knight’s tour. Game Knight’s tour merupakan salah satu bentuk dari permainan catur, di mana knight (bidak kuda) diharuskan melewati seluruh kotak pada papan catur tepat satu kali. Untuk membantu penggunanya dalam menyelesaikan permasalahan pada game Knight’s tour, digunakan teori graf. Teori graf pada game Knight’s tour digunakan untuk menyederhanakan kemungkinan pola jalan dari Knight’s tour, sehingga pemain dapat menentukan pola langkah yang tepat untuk menyelesaikan permainan ini. Kata kunci : aplikasi, game, game Knight’s tour, graf, knight, kompleks, pola. Abstract Game as interactive multimedia is used for entertainment in which one of its benefits to improve players' intellectual abilities. However, most games only just for entertainment without more useable effects such as improving the ability of thinking. Therefore, here we develop one such game which is Knight’s Tour game. Knight 's tour game is one form of chess game, where knight (horse pawns) required to across a whole box on a chessboard exactly once. Graph theory is game Knight’s tour used to simplify the possibility pattern of Knight’s tour, so players can determine the right step. Key words: application, game, game Knight's tour, graph, knight, patterns date: 2012-02-03 date_type: published publication: Digital Library refereed: TRUE citation: 0717032050, HADI WIJAYA (2012) PENGEMBANGAN APLIKASI GAME KNIGHT’S TOUR DENGAN MENGGUNAKAN TEORI GRAF. Digital Library. document_url: http://digilib.unila.ac.id/14759/1/ABSTRACT.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/14759/2/ABSTRAK.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/14759/3/BAB%20I.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/14759/4/BAB%20II.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/14759/5/BAB%20III.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/14759/6/BAB%20IV.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/14759/7/BAB%20V.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/14759/8/COVER.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/14759/9/MOTTO.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/14759/10/PERNYATAAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/14759/11/PERSEMBAHAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/14759/12/RIWAYAT%20HIDUP.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/14759/13/SANWACANA.pdf