%0 Generic %A Sukiman, Dian Hermawan %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2014 %F eprints:1477 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA MENGGUNAKAN BAHAN AJAR LEAFLET MELALUI MODEL PEMBELAJARN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA MATERI EKOSISTEM (PTK di Kelas VII MTs Al-Furqon Rawi, Tahun Pelajaran 2012/2013) %U http://digilib.unila.ac.id/1477/ %X Aktivitas siswa yang rendah berdampak pada hasil belajar siswa. Hasil belajar IPA siswa pada tahun pelajaran 2011/2012 kurang memuaskan. Rendahnya aktivitas dan hasil belajar IPA pada kelas VII di MTs Al-Furqon Rawi rendah dikarenakan guru menggunakan model pembelajaran yang kurang tepat dalam proses pembelajaran di kelas. Oleh karena itu, perlu adanya perbaikan dalam proses pembelajaran sehingga dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian ini adalah Penelitian Tidakan Kelas (PTK). Penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe STAD dengan menggunakan bahan ajar leaflet yang dilaksanakan di kelas VII MTs Al-Furqon Rawi. Persentase rata-rata aktivitas siswa pada setiap siklus mengalami peningkatan. Pada siklus I sebesar 65,0% siklus II persentase meningkat 8,8% menjadi 73,8% dan pada siklus III persentase meningat 8,8% iv menjadi 82,6% sedangkan hasil belajar siswa dilihat dari rata-rata mengalami kenaikan yang signifikan, pada siklus I rata-rata hasil belajar siswa 62,24, pada siklus II 67,86 dan pada siklus III sebesar 76,11, dengan demikian penelitian ini telah berhasil untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Kata kunci : aktivitas, bahan ajar leaflet, hasil belajar, pembelajaran kooperatif tipe STAD