?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=EFEKTIVITAS+PENGGUNAAN+MEDIA+KARTU+BERGAMBAR+MELALUI+MODEL+PEMBELAJARAN+TIPE+STUDENT%0D%0ATEAM+ACHIEVEMENT+DIVISION+(STAD)+TERHADAP%0D%0AAKTIVITAS+DAN+HASIL+BELAJAR+SISWA+PADA%0D%0AMATERI+POKOK+DUNIA+TUMBUHAN%0D%0A(Kuasi+Eksperimen+pada+Siswa+Kelas+X+Semester+Genap+SMA+Negeri+1+Pagelaran+Kabupaten+Pringsewu+Tahun+Pelajaran+2012%2F2013)&rft.creator=Misiyo%2C+EKO+BUDIYONO&rft.subject=LB+Theory+and+practice+of+education&rft.subject=QH301+Biology&rft.description=Hasil+belajar+siswa+tidak+terlepas+dari+aktivitas+yang+dilakukan+pada+saat+proses+pembelajaran+berlangsung.+Aktivitas+diperlukan+oleh+siswa+untuk+mengetahui+keberhasilan+suatu+proses+pembelajaran+yang+telah+berlangsung.+Penelitian+ini+bertujuan+untuk+mengetahui+efektivitas+penggunaan+media+kartu+bergambar+melalui+model+pembelajaran+kooperatif+tipe+STAD+terhadap+aktivitas+dan+hasil+belajar+siswa+pada+materi+pokok+Dunia+Tumbuhan.%0D%0APenelitian+ini+merupakan+kuasi+eksperimen+dengan+desain+pretes+postes+kelompok+tak+ekuivalen.+Data+penelitian+berupa+data+kuantitatif+yaitu+data+hasil+belajar+siswa+yang+diperoleh+dari+rata-rata+nilai+pretes+dan+postes+yang+dianalisis+secara+statistik+menggunakan+uji-t+melalui+program+SPSS+17+taraf+kepercayaan+5%25%2C+sedangkan+data+kualitatif+berupa+aktivitas+belajar+siswa+yang+diperoleh+dengan+menggunakan%0D%0AEko+Budiyono%0D%0Arubrik+aktivitas+belajar+dan+dianalisis+secara+deskriptif.+Sampel+penelitian+adalah+siswa+kelas+X7+dengan+jumlah+30+orang+dan+X8+dengan+jumlah+30+orang.%0D%0ADari+hasil+penelitian+menunjukkan+bahwa+rata-rata+hasil+belajar+siswa+kelas+eksperimen+lebih+tinggi+dari+kelas+kontrol+(eksperimen+%3D+54%2C31%3B+kontrol+%3D+49%2C17).+Selain+itu+rata-rata+peningkatan+indikator+hasil+belajar+siswa+untuk+dua+indikator+yang+diamati+pada+kelas+eksperimen+lebih+tinggi+daripada+kelas+kontrol+(eksperimen+%3D+28%2C63%3B+kontrol+%3D+23%2C90).+Rata-rata+persentase+aktivitas+siswa+dalam+semua+aspek+yang+diamati+pada+kelas+eksperimen+lebih+tinggi+dari+kelas+kontrol+(eksperimen+%3D+72%2C22%3B+kontrol+%3D+64%2C72).+Selain+itu+juga+sebagian+besar+siswa+memberikan+tanggapan+positif+terhadap+penggunaan+media+kartu+bergambar+melalui+model+pembelajaran+kooperatif+tipe+STAD%2C+seperti+siswa+dapat+mengarahkan+sendiri+cara+belajar+dan+senang+menggunakan+media+kartu+bergambar+yaitu+rata-rata+persentase+nya+100%25.+Namun+pada+kenyataanya+hasil+yang+diperoleh+tidak+mencapai+KKM+yang+sudah+ditetapkan.%0D%0ABerdasarkan+hasil+penelitian+yang+diuraikan+di+atas+dapat+disimpulkan+bahwa+penggunaan+media+kartu+bergambar+melalui+model+pembelajaran+kooperatif+tipe+STAD+tidak+efektif+untuk+meningkatkan+aktivitas+dan+hasil+belajar+siswa.%0D%0AKata+kunci%3A+Media+kartu+bergambar%2C+STAD%2C+aktivitas%2C+hasil+belajar%2C+dan+Dunia+Tumbuhan.&rft.publisher=FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN&rft.date=2014-03-15&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1479%2F1%2FCOVER%2520DALAM.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1479%2F2%2FABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1479%2F3%2FHALAMAN%2520PERSETUJUAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1479%2F4%2FHALAMAN%2520PENGESAHAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1479%2F5%2FPERNYATAAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1479%2F6%2FDAFTAR%2520ISI.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1479%2F7%2FBAB%2520I.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1479%2F8%2FBAB%2520II.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1479%2F9%2FBAB%2520III.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1479%2F10%2FBAB%2520IV.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1479%2F11%2FBAB%2520V.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1479%2F12%2FDAFTAR%2520PUSTAKA.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1479%2F13%2FLAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf&rft.identifier=++Misiyo%2C+EKO+BUDIYONO++(2014)+EFEKTIVITAS+PENGGUNAAN+MEDIA+KARTU+BERGAMBAR+MELALUI+MODEL+PEMBELAJARAN+TIPE+STUDENT+TEAM+ACHIEVEMENT+DIVISION+(STAD)+TERHADAP+AKTIVITAS+DAN+HASIL+BELAJAR+SISWA+PADA+MATERI+POKOK+DUNIA+TUMBUHAN+(Kuasi+Eksperimen+pada+Siswa+Kelas+X+Semester+Genap+SMA+Negeri+1+Pagelaran+Kabupaten+Pringsewu+Tahun+Pelajaran+2012%2F2013).++FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN%2C+UNIVERSITAS+LAMPUNG.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1479%2F