@article{eprints14796, title = {PENINGKATAN AKTIVITAS DAN KEMAMPUAN MENULIS TEGAK BERSAMBUNG MELALUI PENERPAAN METODE DRILL PADA PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA KELAS II SDN 1 KARYA TUNGGAL }, author = {NURMAIDAH 1013079253}, year = {2012}, journal = {Digital Library}, url = {http://digilib.unila.ac.id/14796/}, abstract = {ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya aktivitas dan kemampuan menulis tegak bersambung siswa kelas II SD Negeri 1 Karya Tunggal dengan rata-rata nilai 60. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas siswa dan kemampuan menulis tegak bersambung siswa kelas II SD Negeri 1 karya tunggal melalui penerapan metode drill. Penelitian ini menggunakan Metode Penelitian Tindakan Kelas yang bersifat reflektif dan kolaboratif. Prosedur pelaksanaan penelitian tindakan berupa suatu siklus atau daur ulang berbentuk spiral yang setiap langkahnya terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data penelitian diperoleh melalui tes dan non tes kemampuan menulis tegak bersambung siswa dan observasi aktivitas belajar siswa serta kinerja guru. Hasil penelitian terbukti bahwa melalui penerapan metode drill dapat meningkatkan aktivitas dan kemampuan menulis tegak bersambung siswa. Aktivitas siswa selama proses pembelajaran pada akhir siklus terlihat mengalami peningkatan yang cukup baik. Pada siklus I sebesar 73,08\%, siklus II sebesar 89,23\% dan siklus III sebesar 96,92\% dengan peningkatan siklus I ke siklus II sebesar 16,15\% dan dari siklus II ke siklus III sebesar 7,70\%. Begitu pula dengan kemampuan menulis tegak bersambung yang mengalami peningkatan pada tiap siklusnya. Pada siklus I nilai rata-rata kelas sebesar 71 dengan persentase ketuntasan (42,31\%), siklus II sebesar 79 dengan persentase ketuntasan (88,5\%) dan siklus III sebesar 87 dengan persentase ketuntasan (100\%). Kata Kunci: aktivitas, kemampuan menulis tegak bersambung, metode drill. } }