%0 Journal Article %A 1013109056, Sriyati %D 2012 %F eprints:14799 %J Digital Library %T PENGGUNAAN MEDIA LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 6 BAGELEN KABUPATEN PESAWARAN T.P 2011/2012 %U http://digilib.unila.ac.id/14799/ %X ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah: (1) rendahnya aktivitas belajar siswa, (2) rendahnya hasil belajar siswa. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk: (1) meningkatkan aktivitas belajar dengan menggunakan media lingkungan, (2) meningkatkan hasil belajar dengan menggunakan media lingkungan. Metode penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam 4 langkah kegiatan, meliputi kegiatan perencanaan, melakukan tindakan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan adalah perangkat tes, lembar observasi, dan catatan lapangan yang digunakan untuk mengamati aktivitas siswa dan kinerja guru. Berdasarkan hasil analisis dari penelitian ini diperoleh data bahwa: (1) terdapat peningkatan aktivitas siswa dilihat dari hasil perbandingan pengamatan dari siklus 1 dan siklus 2, dari hasil observasi aktivitas siswa pada siklus 1 dan siklus 2 terjadi peningkatan aktivitas dari 3,04% menjadi 1,03%, (2) kinerja guru dalam pelaksanaan pembelajaran IPA dengan menggunakan lingkungan sebagai medianya dapat berjalan dengan baik. Peningkatan kinerja guru dari siklus 1 ke siklus 2 sebanyak 12,91%, (3) hasil belajar IPA siswa secara individu melalui penggunaan media lingkungan menunjukkan peningkatan yang cukup berarti dengan jumlah siswa yang mencapai ketuntasan sebanyak 9 orang atau sekitar 81,82%. Dengan demikian pembelajaran dengan menggunakan media lingkungan dapat dijadikan salah satu alternatif dalam pembelajaran IPA untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Kata kunci : Aktivitas, hasil belajar, media lingkungan