TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints1480 UR - http://digilib.unila.ac.id/1480/ A1 - Karthoni, ENDAH TRI SEPTIANI Y1 - 2014/08/14/ N2 - Hasil wawancara dengan guru biologi yang mengajar di kelas VIII SMPN 22 Bandar Lampung diketahui bahwa dalam proses pembelajaran, guru masih terjebak dalam praktek pembelajaran yang membosankan yaitu guru hanya memberikan penugasan serta rendahnya minat baca siswa untuk membaca sumber pelajaran, sehingga berdampak rendahnya hasil belajar siswa. Salah satu upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa yaitu penggunaan bahan ajar leaflet. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh penggunaan bahan ajar leaflet terhadap hasil belajar siswa. Desain penelitian ini adalah pretes postes tak ekuivalen. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIIIE (kelas eksperimen) dan kelas VIIID (kelas kontrol) yang dipilih dengan teknik clusster random sampling. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai pretest, posttest, dan N-gain dan dianalisis dengan uji U. Data kualitatif berupa rata-rata persentase aktivitas siswa yang diperoleh dari hasil observasi pada tiap pertemuan dan angket tanggapan siswa terhadap penggunaan bahan ajar leaflet kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada bahan ajar leaflet dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan rata-rata nilai pretest (62,1); posttest (84,5); dan N-gain (59,7). Aktivitas belajar siswa juga mengalami peningkatan dengan rata-rata berkriteria cukup yaitu 72,7% hal ini juga terlihat dari peningkatan untuk semua aspek yang diamati yaitu mengemukakan pendapat/ide berkriteria cukup (67,2%); bekerja sama dengan teman dalam tugas kelompok berkriteria baik (77,9%); bertukar informasi berkriteria cukup (73,2%); bertanya berkriteria cukup (70,2%); dan mempresentasikan hasil diskusi berkriteria cukup (75,0%). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan bahan ajar leaflet berpengaruh signifikan dalam meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa pada materi pokok sistem gerak manusia. Kata kunci : leaflet, hasil belajar, sistem gerak manusia. PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENGGUNAAN BAHAN AJAR LEAFLET TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SISTEM GERAK MANUSIA KELAS VIII SMPN 22 BANDAR LAMPUNG AV - restricted ER -