TY - JOUR ID - eprints14801 UR - http://digilib.unila.ac.id/14801/ A1 - 1013109084, Deli Rosita Wati N2 - ABSTRAK Hasil belajar kelas V SD N 3 Cipadang masih rendah dengan nilai rata-rata pada pelajaran Matematika adalah 59. Siswa yang memperoleh nilai 65 sebagai angka Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), baru 40 %. Untuk mengatasi permasalahan tersebut dibutuhkan media pembelajaran yang dapat membuat suasana belajar menyenangkan dan materi pembelajaran dapat diterima oleh siswa dengan mudah dan dapat meningkatkan aktivitas siswa. Salah satu alternatife yang digunakan adalah meggunakan kartu permainan pada geometri. Tujuan penelitian ini untuk mendiskripsikan aktivitas belajar siswa dengan kartu permainan pada geometri dan peningkatan hasil belajar siswa dengan kartu permainan pada geometri. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas dengan 3 siklus. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran matematika dengan kartu permainan pada geometri dapat menyingkapkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN 5 Cipadang. Kata kunci : kartu permainan, aktivitas, hasil belajar. JF - Digital Library TI - UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN KARTU PERMAINAN PADA GEOMETRI SISWA KELAS V SDN 3 CIPADANG PELAJARAN 2012/2013 AV - restricted ER -