@article{eprints14802, month = {Agustus}, title = {PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DALAM PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SAINS PADA SISWA KELAS IV SDN BERNUNG PESAWARAN}, author = {DITA ANASTASIA 1013109086}, year = {2012}, journal = {Digital Library}, url = {http://digilib.unila.ac.id/14802/}, abstract = {ABSTRAK Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1) peningkatan aktivitas belajar sains siswa kelas IV SDN Bernung Pesawaran menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD, 2) peningkatan prestasi belajar sains siswa kelas IV SDN Bernung Pesawaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD Penelitian ini menggunakan metode tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Data penelitian diperoleh melalui observasi dan tes pada setiap akhir siklus. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Kesimpulan penelitian adalah: 1) aktivitas siswa pada siklus pertama 70,45\% dan 79,54\% pada siklus kedua, 2) prestasi belajar siswa yang mencapai KKM mengalami peningkatan, yaitu pada siklus pertama 75,59\% dan 86,36\% pada siklus kedua. Kata kunci: aktivitas, prestasi belajar sains, kooperatif tipe STAD. } }