%0 Generic %A Mukhlisin, F A D L I L A H %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2014 %F eprints:1482 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T KORELASI ANTARA MANAJEMEN KELAS DAN MINAT BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA SMA SE-KECAMATAN GADINGEREJO %U http://digilib.unila.ac.id/1482/ %X Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana hubungan antara manajemen kelas dan minat belajar dengan hasil belajar biologi siswa. Subyek pada penelitian ini adalah siswa kelas X DAN XI SMA se-Kecamatan Gadingrejo yang dipilih berdasarkan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data berupa angket untuk mengukur manajemen kelas dan minat belajar, wawancara, dan tes untuk mengukur hasil belajar siswa. Teknik analisis instrumen menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas instrumen. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan uji prasarat yaitu uji linieritas, selanjutnya dengan uji korelasi bivariat (pearson correlation) dan uji korelasi ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: hasil analisis data menggunakan uji korelasi bivariat (pearson correlation) ada hubungan antara manajemen kelas dan hasil belajar biologi siswa sebesar 0,639, hubungan tersebut tergolong kuat. Ada hubungan antara minat belajar dan hasil belajar biologi siswa sebesar 0,724, iii hubungan tersebut tergolong kuat. Ada hubungan antara manajemen kelas dan hasil belajar biologi siswa sebesar 0,798, hubungan tersebut tergolong kuat. Maka dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara manajemen kelas yang dilakukan oleh guru dengan hasil belajar dan minat belajar yang dimiliki siswa dengan hasil belajar, semakin baik manajemen kelas yang dilakukan oleh guru maka semakin baik hasil belajar yang diperoleh siswa dan semakin baik minat belajar yang dimiliki siswa maka semakin baik pula hasil belajar yang mereka diperoleh. Kata kunci : Manajemen Kelas, Minat Belajar, Hasil Belajar, Biologi