@article{eprints14822, month = {Agustus}, title = {PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MENULIS KARANGAN MELALUI PEMBELAJARAN EXPLICIT INTRUCTION PADA SISWA KELAS V SDN 2 GEDONG TATAAN}, author = {Dyah Ririn Kusumawati 1013109089}, year = {2012}, journal = {Digital Library}, url = {http://digilib.unila.ac.id/14822/}, abstract = {ABSTRAK Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan (1) peningkatan aktivitas belajar pada siswa kelas V SDN 2 Gedong Tataan pada pelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan pembelajaran Explicit Intruction, (2) Peningkatan prestasi belajar menulis karangan pelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas V SDN 2 Gedong Tataan Kabupaten Pesawaran Tahun Pelajaran 2011/2012 dengan menggunakan pembelajaran Explicit Intruction. Penelitian ini menggunakan metode tindakan kelas dengan 2 siklus dilakukan di kelas V SDN 2 Gedong Tataan. Data penelitian diperoleh melalui observasi, catatan lapangan, dan tes pada setiap siklus. Data dianalisis secara diskritif kuantitatif. Hasil penelitian adalah (1) Aktivitas belajar dengan ketuntasan belajar pada siklus I berjumlah 5 siswa (17,24\%) dan meningkat pada siklus II menjadi 29 siswa (100\%) dari 29 siswa (2) Prestasi belajar siswa dengan nilai siklus I pertemuan I sebesar 57,8 dan pertemuan II sebesar 78. Pada siklus II pertemuan III sebesar 89,8 dan pertemuan IV sebesar 98,6.Kemudian nilai hasil belajar yang diperoleh siswa dari siklus I sampai siklus II terjadi peningkatan nilai rata-rata siklus I 61,7 dan siklus II 79,8. Kata Kunci : Aktivitas Belajar, Prestasi Belajar, Explicit Intruction } }