title: PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MENULIS KARANGAN MELALUI PEMBELAJARAN EXPLICIT INTRUCTION PADA SISWA KELAS V SDN 2 GEDONG TATAAN creator: 1013109089, Dyah Ririn Kusumawati subject: description: ABSTRAK Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan (1) peningkatan aktivitas belajar pada siswa kelas V SDN 2 Gedong Tataan pada pelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan pembelajaran Explicit Intruction, (2) Peningkatan prestasi belajar menulis karangan pelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas V SDN 2 Gedong Tataan Kabupaten Pesawaran Tahun Pelajaran 2011/2012 dengan menggunakan pembelajaran Explicit Intruction. Penelitian ini menggunakan metode tindakan kelas dengan 2 siklus dilakukan di kelas V SDN 2 Gedong Tataan. Data penelitian diperoleh melalui observasi, catatan lapangan, dan tes pada setiap siklus. Data dianalisis secara diskritif kuantitatif. Hasil penelitian adalah (1) Aktivitas belajar dengan ketuntasan belajar pada siklus I berjumlah 5 siswa (17,24%) dan meningkat pada siklus II menjadi 29 siswa (100%) dari 29 siswa (2) Prestasi belajar siswa dengan nilai siklus I pertemuan I sebesar 57,8 dan pertemuan II sebesar 78. Pada siklus II pertemuan III sebesar 89,8 dan pertemuan IV sebesar 98,6.Kemudian nilai hasil belajar yang diperoleh siswa dari siklus I sampai siklus II terjadi peningkatan nilai rata-rata siklus I 61,7 dan siklus II 79,8. Kata Kunci : Aktivitas Belajar, Prestasi Belajar, Explicit Intruction date: 2012-08-28 type: Artikel type: PeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/14822/1/BAB%20I.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/14822/2/BAB%20II.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/14822/3/BAB%20III.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/14822/4/BAB%20IV.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/14822/5/Bab%20V.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/14822/6/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/14822/7/abstrak.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/14822/8/cover%201.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/14822/9/cover%202.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/14822/10/cv.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/14822/11/daftar%20isi.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/14822/12/daftar%20tabel.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/14822/13/kata%20pengantar.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/14822/14/motto.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/14822/15/pengesahan.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/14822/16/pernyataan.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/14822/17/persetujuan.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/14822/18/persembahan.pdf identifier: 1013109089, Dyah Ririn Kusumawati (2012) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MENULIS KARANGAN MELALUI PEMBELAJARAN EXPLICIT INTRUCTION PADA SISWA KELAS V SDN 2 GEDONG TATAAN. Digital Library. relation: http://digilib.unila.ac.id/14822/