TY - JOUR ID - eprints14823 UR - http://digilib.unila.ac.id/14823/ A1 - 1013109121, MEITRIYANI Y1 - 2012/08/11/ N2 - ABSTRAK Berdasarkan hasil observasi awal di SD Negeri 1 Gunung Rejo Kecamatan Way Lima Kabupaten Pesawaran, Aktivitas dan hasil belajar IPS kelas V masih rendah, yakni dari nilai KKM yang telah ditentukan sebesar 60 hanya 9 dari 28 siswa yang berhasil tuntas atau memperoleh nilai di atas KKM. Sedangkan 19 Siswa (67,9%) memperoleh nilai di bawah KKM. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa mata pelajaran IPS menggunakan media peta. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Prosedur penelitian berbentuk siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan non tes. Pengumpulan data dalam penelitian ini digunakan dengan instrumen berupa lembar observasi dan kinerja guru dalam proses pembelajaran, sedangkan untuk mengetahui kualitas hasil belajar siswa digunakan lembar evaluasi atau lembar kerja siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media peta dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa mata pelajaran IPS kelas V SD Negeri 1 Gunung Rejo Kecamatan Way Lima Kabupaten Pesawaran. Hal ini ditunjukkan berdasarkan peningkatan rata-rata aktivitas belajar siswa dengan hasil rata-rata 59% pada siklus I sedangkan pada siklus II rata-rata aktivitas belajar siswa adalah 85%. Adapun ketuntasan belajar siklus I mencapai 39% dengan nilai rata-rata sebesar 60, sedangkan pada siklus II ketuntasan belajar siswa mencapai 89% dengan nilai rata-rata 67. Ini berarti siswa yang mencapai KKM mengalami peningkatan sebesar 50%. Kata Kunci : Media Peta, Aktivitas dan Hasil Belajar JF - Digital Library TI - PENGGUNAAN MEDIA PETA TERHADAP PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 GUNUNG REJO KECAMATAN WAY LIMA KABUPATEN PESAWARAN TAHUN PELAJARAN 2012-2013 AV - restricted ER -