TY - JOUR ID - eprints14825 UR - http://digilib.unila.ac.id/14825/ A1 - 1013109144, Senorita Putri Wahyuni N2 - ABSTRAK Pembelajaran IPA di kelas V SDN 1 Wiyono, terdapat permasalahan siswa pasif dalam pembelajaran. Guru juga kurang memanfaatkan strategi dan media pembelajaran. Hasil belajar siswa rata-rata masih tergolong rendah. Rata-rata hasil belajar siswa masih dibawah KKM (<60). Persentase siswa yang tuntas belajar <75%. Oleh karena itu peneliti menerapkan metode inkuiri dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode inkuiri dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif dengan pendekatan kualitatif. Prosedur penelitian tindakan kelas (PTK) terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus menggunakan langkah-langkah: (1) perencanaan; (2) pelaksanaan; (3) observasi; dan (4) refleksi. Subyek penelitian adalah guru, kolaboran, dan siswa kelas V sebanyak 26 orang yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Hasil penelitian menyimpulkan penerapan metode inkuiri dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar. Aktivitas belajar siswa siklus I 79%, meningkat menjadi 83% di siklus II. Rata-rata hasil belajar siklus I sebesar 64, meningkat menjadi 76 di siklus II. Ketuntasan belajar siklus I mencapai 69% (belum tuntas), naik pada siklus II menjadi 92% (tuntas). Saran untuk kepala sekolah adalah agar dapat memotivasi guru untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Bagi guru agar menerapkan metode inkuiri dalam pembelajaran khususnya IPA. Untuk penelitian selanjutnya hendaknya dapat memperbaiki kekurangan yang ada pada penelitian sebelumnya sehingga pembelajaran diharapkan berjalan seoptimal mungkin. Kata kunci: Aktivitas dan hasil belajar IPA, Inkuiri JF - Digital Library TI - UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA MENGGUNAKAN METODE INKUIRI BAGI SISWA KELAS V SDN 1 WIYONO PESAWARAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013 AV - restricted ER -