@article{eprints14829, title = {PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF STAD SISWA KELAS V SDN 2 NEGARASAKA PESAWARAN }, author = {YUNARNI 1013109176}, journal = {Digital Library}, url = {http://digilib.unila.ac.id/14829/}, abstract = {ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) peningkatan aktivitas belajar siswa kelas V SDN 2 Negarasaka pada mata pelajaran matematika melalui pembelajaran kooperatif STAD, (2) peningkatan prestasi belajar siswa kelas V SD Negeri 2 Negarasaka pada mata pelajaran matematika melalui pembelajaran kooperatif STAD. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas, dengan dua siklus. Data penelitian diperoleh melalui melalui observasi, dan tes tertulis pada setiap akhir siklus. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa: (1) aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan dari 62, 5\% pada siklus pertama menjadi 78\% pada siklus kedua, sehingga mengalami peningkatan 15,6\%, (2) prestasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika yang mencapai KKM mengalami peningkatan, dengan rata-rata 65\% pada siklus pertama menjadi 70,2\% pada siklus kedua. Kata kunci: Prestasi matematika, aktivitas belajar, kooperatif STAD } }