TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints1483 UR - http://digilib.unila.ac.id/1483/ A1 - Yasin Hermawan, FARIDA ANDRIYANI Y1 - 2014/06/05/ N2 - Hasil observasi dan wawancara dengan guru biologi yang mengajar di kelas VIII SMP Negeri 22 Bandar Lampung diketahui bahwa selama ini proses pembelajaran biologi masih rendah. Salah satu upaya yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa yaitu dengan penggunaan bahan ajar leaflet dengan pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan bahan ajar leaflet dengan pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar siswa. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah pretes postes tak ekuivalen. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas sebagai kelas eksperimen dan kelas sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel menggunakan teknik clusster random sampling. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai pretest, posttest dan N-gain pada materi Sistem Peredaran Darah Manusia kemudian dianalisis dengan uji t dan uji U Farida Andriyani iii menggunakan bantuan program SPSS versi 17 dengan taraf kepercayaan 5%. Data kualitatif berupa rata-rata persentase aktivitas siswa yang diperoleh dari hasil observasi pada tiap pertemuan dan angket tanggapan siswa terhadap penggunaan bahan ajar leaflet kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar leaflet dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan rata-rata nilai pretest (50,3); posttest (84,7); dan N-gain (68,9). Aktivitas belajar siswa juga mengalami peningkatan dengan rata-rata berkriteria baik yaitu 75,4% hal ini juga terlihat dari peningkatan untuk semua aspek yang diamati yaitu mengemukakan pendapat/ide berkriteria cukup (70,8%); bertanya berkriteria baik (75,2%); bekerja sama dengan teman dalam tugas kelompok berkriteria baik (76,8%); bertukar informasi berkriteria cukup (73,7%); dan mempresentasikan hasil diskusi berkriteria baik (80,6%). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan bahan ajar leaflet berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa pada materi pokok Sistem Peredaran Darah Manusia. Kata kunci : Leaflet, Model STAD, Hasil Belajar Siswa, Aktivitas Belajar Siswa, dan Sistem Peredaran Darah Manusia. PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENGARUH PENGGUNAAN BAHAN AJAR LEAFLET TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA (Kuasi Eksperimen Pada Siswa Kelas VIII Semester Ganjil SMP Negeri 22 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2013/2014) AV - restricted ER -