creators_name: LUVIAN HENDRI, 1113031047 creators_id: hendriluvian@yahoo.co.id type: other datestamp: 2015-11-24 08:56:00 lastmod: 2015-11-24 08:56:00 metadata_visibility: show title: EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DAN VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE DALAM MATA PELAJARAN IPS TERPADU GUNA MENINGKATKAN KECERDASAN MORAL DENGAN MEMPERHATIKAN KECERDASAN SPIRITUAL PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 NATAR LAMPUNG SELATAN TAHUN PELAJARAN 2014 / 2015 ispublished: pub subjects: H1 subjects: LB full_text_status: restricted abstract: ABSTRAK INDONESIA Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya kecerdasan moral siswa dalam mata pelajaran IPS Terpadu kelas VII Semester genap SMP N 1 Natar Lampung Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan mana yang lebih efektif antara model pembelajaran contextual teaching and learning dan model pembelajaran value clarification technique untuk meningkatkan kecerdasan moral dengan memperhatikan kecerdasan spiritual yang dimiliki siswa dalam pembelajaran IPS Terpadu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu dengan pendekatan komparatif. Teknik sampling dalam penelitian ini adalah teknik cluster random sampling. Pengujian hipotesis menggunakan rumus analisis varian dua jalan dan t-test dua sampel independen. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil: (1) ada perbedaan kecerdasan moral siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran CTL dan siswa yang diajar menggunakan model VCT, (2) kecerdasan moral siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran CTL lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran VCT pada siswa yang memiliki kecerdasan spiritual tinggi, (3) kecerdasan moral siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran CTL lebih rendah dibandingkan dengan siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran VCT pada siswa yang memiliki kecerdasan spiritual rendah, (4) ada pengaruh interaksi antara model pembelajaran dengan kecerdasan spiritual terhadap kecerdasan moral siswa. Kata kunci: kecerdasan moral, kecerdasan spiritual, model pembelajaran, contextual teaching and learning dan value clarification technique. date: 2015-10-22 date_type: published publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan place_of_pub: Universitas Lampung institution: UNIVERSITAS LAMPUNG department: FKIP thesis_type: other citation: LUVIAN HENDRI, 1113031047 (2015) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DAN VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE DALAM MATA PELAJARAN IPS TERPADU GUNA MENINGKATKAN KECERDASAN MORAL DENGAN MEMPERHATIKAN KECERDASAN SPIRITUAL PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 NATAR LAMPUNG SELATAN TAHUN PELAJARAN 2014 / 2015. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung. document_url: http://digilib.unila.ac.id/14830/1/ABSTRAK.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/14830/2/COVER%20DALAM.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/14830/3/COVER%20DEPAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/14830/4/DAFTAR%20GAMBAR.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/14830/5/DAFTAR%20ISI.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/14830/6/DAFTAR%20LAMPIRAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/14830/7/DAFTAR%20TABEL.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/14830/10/LEMBAR%20PERSETUJUAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/14830/8/LEMBAR%20PENGESAHAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/14830/9/LEMBAR%20PERNYATAAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/14830/11/MOTO.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/14830/12/PERSEMBAHAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/14830/13/RIWAYAT%20HIDUP.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/14830/14/SANWACANA.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/14830/15/BAB%20I.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/14830/16/BAB%20II.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/14830/17/BAB%20III.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/14830/19/BAB%20IV.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/14830/18/BAB%20V.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/14830/20/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf