title: PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR DAN PENGUASAAN KONSEP OLEH SISWA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN (Studi Experimen Pada Siswa Kelas X Semester Genap SMAN 1 Seputih Mataram Kabupaten Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2012/2013) creator: I Nengah Sriwenten, MADE PUJA SATYAWAN subject: LB Theory and practice of education subject: QH301 Biology description: Hasil observasi di SMA Negeri 1 Seputih Mataram pada bulan November 2012, diketahui bahwa selama proses pembelajaran guru kurang mengoptimalkan penggunaan media pembelajaran, kurang merangsang aktivitas dan menggali penguasaan konsep siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media audio-visual terhadap peningkatan aktivitas belajar dan penguasaan konsep oleh siswa pada materi pencemaran lingkungan. Penelitian ini merupakan penelitian experimental dengan desain pretes postes kelompok non-ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas XC sebagai kelas eksperimen dan XB sebagai kelas kontrol yang dipilih dengan teknik cluster random sampling. Data kuantitatif diperoleh dari nilai pretes, postes dan N-gain Made Puja Satyawan iii yang dianalisis secara statistik menggunakan uji-U melalui SPSS 17. Data kualitatif berupa hasil observasi aktivitas siswa yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata aktivitas belajar dan penguasaan konsep oleh siswa kelas eksperimen mengalami peningkatan. Aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 6,88%±0,04, penguasaan konsep siswa meningkat dengan rata-rata N-gain 51,18±15,03. Uji normalitas dan uji U ratarata N-gain indikator penguasaan konsep, C2, C3 dan C5 berbeda tidak signifikan, C4 dan C6 berbeda signifikan. Data peningkatan indikator penguasaan konsep kelas eksperimen semua indikator meningkat dengan kriteria sedang. Sebanyak 91% siswa lebih termotivasi, 6% siswa merasa bosan, 100% siswa merasa senang, 84% siswa lebih mudah memahami materi, dan 9% siswa lebih sulit mengerjakan soal setelah belajar menggunakan media audio-visual. Dengan demikian dapat disimpulkan pembelajaran menggunakan media audio-visual sebagai media pembelajaran berpengaruh dalam meningkatkan aktivitas belajar dan penguasaan konsep oleh siswa. Kata kunci : Aktivitas belajar, media audio-visual, pencemaran lingkungan, penguasaan konsep. publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN date: 2014-04-09 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1484/1/COVER%20DALAM.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1484/2/ABTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1484/3/PERSETUJUAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1484/4/PENGESAHAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1484/5/PERNYATAAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1484/6/DAFTAR%20ISI.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1484/7/BAB%20%20I.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1484/8/BAB%20%20II.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1484/9/BAB%20%20III.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1484/10/BAB%20%20IV.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1484/11/BAB%20%20V.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1484/12/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1484/13/LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf identifier: I Nengah Sriwenten, MADE PUJA SATYAWAN (2014) PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR DAN PENGUASAAN KONSEP OLEH SISWA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN (Studi Experimen Pada Siswa Kelas X Semester Genap SMAN 1 Seputih Mataram Kabupaten Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2012/2013). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/1484/