TY - JOUR ID - eprints14870 UR - http://digilib.unila.ac.id/14870/ A1 - 1013119171, S A N I M A N Y1 - 2012/08/13/ N2 - ABSTRAk Latar belakang penelitian ini adalah aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia masih relatif rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar materi Bahasa Indonesia melalui pembelajaran cooperative tipe Student Team Achievement Divisions (STAD), kelas VI SDN 2 Fajar Agung. Metode dalam Penelitian ini dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Pola umum Procedure pada setiap tindakan adalah : (1) Perencanaan (2) Pelaksanaan, (3) Pengamatan dan Penilaian (4) Refleksi. Pengumpulan data aktivitas belajar menggunakan lembar observasi sedangkan untuk hasil belajar menggunakan tes. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode cooperative tipe STAD efekif untuk meningkatkan Aktivitas dan Hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat : (1) Aktivitas Belajar siswa mengalami peningkatan dari 65,63 % di siklus I menjadi 84,38 % di siklus II, (2) Hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari rata-rata 71,88 pada siklus I menjadi 96,88 di siklus II. Kata Kunci : Aktivitas Belajar, Hasil belajar, Pembelajaran cooperative tipe STAD JF - Digital Library TI - UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VI SEMESTER GANJIL SD NEGERI 2 FAJAR AGUNG TAHUN AJARAN 2011/2012 AV - restricted ER -