TY - JOUR ID - eprints14873 UR - http://digilib.unila.ac.id/14873/ A1 - 1013119191, SUDASMI Y1 - 2012/10/15/ N2 - ABSTRAK Penelitian ini dilaksanakan karena rendahnya aktivitas dan prestasi belajar IPA yang hasilnya dibawah KKM yaitu 65, dengan nilai rata-rata 60,00. Siswa tuntas 52% siswa belum tuntas 48% dari 25 siswa kelas V SDN 4 Wonodadi Kecamatan Gadingrejo Kabupaten Pringsewu.Tujuan Penelitian ini untuk meningkatkan ativitas dan prestasi belajar IPA dengan menerapkan metode demonstrasi siswa kelas V SD Negeri 4 Wonodadi. Hasil penelitian pada siklus I (pertemuan 1) aktivitas siswa53% cukup, (pertemuan 2) 62% baik, siklus II (pertemuan 1) 79% sangat baik,(pertemuan 2) 82% sangat baik, Aktivitas guru siklus I (pertemuan 1) 64,05% (cukup), (pertemuan 2) 65,2% cukup siklus II (pertemuan 1) 75,1% baik, (pertemuan 2) 85,3% sangat baik. Hasil belajar siklus I (pertemuan I) persentase ketuntasan 64%,(pertemuan 2) 68% siklus II (pertemuan 1) 76%, ( pertemuan 2) 88% Kesimpulan penelitian melalui penerapan metode demonstrasi siswa lebih aktif,bersemangat mengikuti pelajaran, aktivitas siswa meningkat dari siklus ke siklus, prestasi belajar, mencapai skor ketuntasan minimal yang telah ditetapkan sebanyak 22 orang dari 25 siswa 88%. Dengan demikian melalui metode demonstrasi dengan menggunakan alat peraga dapat dijadikan alternatif dalam pembelajaran Kata kunci: aktivitas, prestasi belajar, metode demonstrasi JF - Digital Library TI - PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR IPA MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI SISWA KELAS V SDN 4 WONODADI KECAMATAN GADINGREJO AV - restricted ER -