%A RAISA RAMADHANI Sabar St Jamaris %T PENGARUH MEDIA AUDIO-VISUAL MELALUI MODEL PEMBELAJARANBERBASIS MASALAH (PBM) TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA (Kuasi Experimen Siswa Kelas X SMA Negeri 8 Bandar Lampung TP.2012/2013 Pada Materi Pokok Keterkaitan Antara Kegiatan Manusia Terhadap Perusakan, Pencemaran Dan Pelestarian Lingkungan) %X Aktivitas belajar dan hasil belajar siswa pada materi pokok Keterkaitan Antara Kegiatan Manusia Terhadap Perusakan, Pencemaran dan Pelestarian Lingkungan kelas X SMA Negeri 8 Bandar Lampung belum tercapai secara maksimal. Hal ini diduga karena guru belum pernah menggunakan media dan model yang sesuai.Untuk mengatasi hal itu, telah dilakukan penelitian menggunakan media audio visual dan model Pembelajaran Berbasis masalah (PBM) Penelitian ini merupakan studieksperimen dengan desain pretes postes kelompok non ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas X6 sebagai kelas eksperimen danX5 sebagai kelas kontrolyang dipilih dengan teknik Cluster random sampling. Data Raisa Ramadhani iii penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari nilai pretes, postes dan N-gain, kemudian dianalisis secara statistik menggunakan uji-t pada taraf kepercayaan 5%. Data kualitatif berupa data aktivitas belajar siwa dan angket tanggapan siswa terhadap penerapan media audio visual melalui model PBM yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media audio visual melalui model PBM terhadap aktivitas belajar siswa pada kelas eksperimen dengan rata-rata 71,1 yang berkriteria sedang dan rata-rata 49 berkriteria rendah untuk kelas kontrol. Sedangkan terhadap hasil belajar siswa untuk pretes pada kelas eksperimen rata-rata 50 dan kelas kontrol 40,4 berbeda signifikan. Untuk postes rata-rata pada kelas eksperimen 73,1 dan kelas kontrol 62,6. N-Gain rata-rata kelas eksperimen 0,41 dan kelas kontrol 0,41.Selain itu, sebagian besar siswa (93,5%) memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan media audio visual melalui model PBM. Dengan demikian, pembelajaran menggunakan media audio visual melalui model PBMcukup berpengaruh positif dalam meningkatkan kemampuan aktivitas dan hasil belajar siswa. Kata kunci : aktivitas, audio visual, hasil belajar, pembelajaran berbasis masalah. %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2014 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints1488