%0 Generic %A Wagiran (Alm), RUWANTI %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2014 %F eprints:1489 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DAN JIGSAW TERHADAP PENGUASAAN MATERI OLEH SISWA PADA MATERI POKOK SISTEM GERAK PADA MANUSIA (Studi Ekperimen Siswa Kelas VIII Semester Ganjil SMP Negeri 2 Way Seputih Tahun Pelajaran 2013/2014) %U http://digilib.unila.ac.id/1489/ %X Hasil observasi di kelas VIII SMP Negeri 2 Way Seputih diketahui bahwa penguasaan materi siswa masih rendah, sehingga diperlukan suatu kegiatan pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas dan penguasaan materi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kooperatif tipe STAD dan Jigsaw terhadap penguasaan materi oleh siswa. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimental dengan desain tes awal tes akhir kelompok pembanding. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIIIC dan VIIID yang dipilih dari populasi secara purposive sampling. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai pretes, postes dan gain yang dianalisis secara statistik menggunakan uji U dengan SPSS 17. Data kualitatif diperoleh dari lembar observasi aktivitas belajar siswa yang dianalisis secara deskriptif. Ruwanti iii Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw berkriteria cukup (